Analisis self-efficacy dalam pembelajaran matematika pada siswa smp

Apriliantin Fitri Pratiwi, Adi Ihsan Imami

Abstract


Self-efficacy merupakan suatu keyakinan dasar dalam pembelajaran terutama pembelajaran matematika, dikarenakan self- efficacy dapat berpengaruh kuat yang dapat menunjukkan rasa percaya diri siswa, ketika siswa memiliki kategori self-efficacay yang tinggi, siswa dapat menyelesaikan permasalahan soal pada pembelajaran matematika dengan baik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keyakinan diri siswa atau percaya diri siswa terhadap kemampuan yang dimiliki siswa. Metode dalam penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan subjek kelas VII SMP. Analisis dilakukan menggunakan teori bandura, terdapat 3 dimensi , yaitu : a. Level/magnitude,dimensi ini mengacu pada tingkat kesulitan tugas pada individu dalam menyelesaikan permaslahan pada soal. b. Strength, berkaitan terhadap kekuatan dalam penilaian kecapakan seseorang dan kemampuan individu dalam berusaha menyelesaikan masalah yang ditemui oleh siswa. dan c. Generallity, seseorang yang memiliki self-efficacy seseorang tidak terbatas pada keadaan tertentu saja. Hasil dari analisis dalam penelitian ini dibagi menjadi beberapa kategori yang diperoleh : 1. Siswa yang mendapatkan kategori tinggi pada skala self-efficacy, 2. Siswa yang memiliki self-efficacy kategori sedang, 3. Siswa yang memiliki kategori rendah pada skala self-efficacy. Dapat diperoleh kesimpulan bahwa self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika dapat dikategotikan sudah termasuk dalam kategori sedang,  tetapi masih terdapat beberapa siswa yang memiliki self-efficacy dibawah rata-rata sehingga self-efficacy siswa harus diperbaiki kembali.

Kata kunci : Self-efficacy, Pembelajaran Matematika, Teori Bandura

 


Full Text:

PDF

References


‘Aini, Lia Quratul. 2020. “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa Smp Kelas Vii.” JURNAL E-DuMath 6(1):30–39. doi: 10.52657/je.v6i1.1162.

Ananda, Ema Rizky, Rora Rizki Wandini, Pendidikan Guru, Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam, and Negeri Sumatera. 2022. “Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa.” 6(5):5113–26. doi: 10.31004/obsesi.v6i5.2659.

Darma, I. Ketut, I. Gede Made Karma, and I. Made Anom Santiana. 2020. “Blended Learning, Inovasi Strategi Pembelajaran Matematika Di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Pendidikan Tinggi.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 3:527–39.

Handayani, Febrina, and Desi Nurwidawati. 2013. “Hubungan Antara Self Efficacy Dengan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi.” Character 1(2):1–5.

Kamarullah, Kamarullah. 2017. “Pendidikan Matematika Di Sekolah Kita.” Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika 1(1):21. doi: 10.22373/jppm.v1i1.1729.

Loviasari, Putri Ayu, and Helti Lygia Mampouw. 2022. “Profil Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Self Efficacy.” Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 11(1):73–84. doi: 10.31980/mosharafa.v11i1.1014.

Moma, La. 2014. “Self-Efficacy Matematik Pada Siswa SMP.” Jurnal Pendidikan Matematika 3(2):88–89.

Nurazizah, Sinta, and Adi Nurjaman. 2018. “Analisis Hubungan Self Efficacy Terhadap.” 1(3):361–70. doi: 10.22460/jpmi.v1i3.361-370.

Pradia, Fian Rachmad, and Damajanti Kusuma Dewi. 2020. “Hubungan Antara Self-Efficacy Dengan Academic Dishonesty Pada Mahasiswa.” Character: Jurnal Penelitian Psikologi 8(8):90–103.

Rahman, Risqy. 2012. “Hubungan Antara Self-Concept Terhadap Matematika Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa.” Infinity Journal 1(1):19. doi: 10.22460/infinity.v1i1.4.

Subaidi, Agus. 2016. “Self-Efficacy Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika.” Sigma 1(2):64–68.

Suyitno, Hardi. 2017. “Unnes Journal of Mathematics Education Research Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self-Efficacy Siswa Pada Model Pembelajaran Mea.” Ujmer 6(2):251–58.

Ulpah, Maria. 2019. “Self-Efficacy Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Madrasah Aliyah.” Jurnal Penelitian Agama 20(1):110–21. doi: 10.24090/jpa.v20i1.2019.pp110-121.




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v13i3.13973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats