PENGARUH METODE MIND MAPPING DAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR
Abstract
Rendahnya pemahaman konsep dan kemampuan bernalar serta kurangnya mahasiswa dalam berpikir secara logis dan sistematis menjadi faktor penyebab rendahnya kemampuan pemecahan masalah. Melalui pemecahan masalah ini aspek-aspek kemampuan matematika seperti penerapan aturan, penemuan pola, penggeneralisasian, komunikasi matematik dan lain-lain dapat dikembangkan secara baik. Mind Mapping merupakan salah satu metode yang dapat melihat hubungan antara satu ide dengan ide lainnya, ini sangat memudahkan otak untuk memahami dan menyerap suatu informasi karena cara kerjanya mirip dengan cara kerja koneksi di dalam otak. Metode mind mapping pada penelitian ini dibatasi pada keaktifan mahasiswa. Tujuan penelitian ini: (1) untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping melalui pendekatan ketrampilan proses terhadap kemampuan pemecahan masalah, (2) untuk mengetahui pengaruh keaktifan mahasiswa terhadap kemampuan pemecahan masalah, (3) untuk mengetahui pengaruh metode mind mapping melalui pendekatan ketrampilan proses dan keaktifan mahasiswa terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) yaitu jenis penelitian yang mempunyai kelompok kontrol, tetapi tidak dapat berfungsisepenuhnya untuk mengontrol variable-variabel luar yang mempengaruhi peleksanaan eksperimen.
Kata Kunci: Mind Mapping, kemampuan pemecahan masalah
Full Text:
PDFReferences
Buzan, T (Ed.). 1993. The Mind Map Book. London: BBC Book.
De Potter, B, dan Hernacki, M. 2008. Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung : Kaifa.
Djamarah, S. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Jarf. 2011. “Teaching Spelling Skills With a Mind-mapping Software”. Asian EFL Journal Teaching Articles. Vol 53.
Mento, dkk. 1999. “Mind Mapping in Executive Education Applications and Outcomes”. The Journal of Management Development. Vol 18 Issue 4.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. USA: NCTM.
Purwoko, dkk. 2008. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. www.ebookfreezone.blogspot.com (diunduh 27 Desember 2014)
Redjeki, S. 2007. Buku Pintar Mind Map untuk Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Suherman, E. 2003. Evaluasi Pembelajaran matematika. Bandung: JICA UPI.
Sukestiyarno. 2010. Olah Data Penelitian Berbantuan SPSS. Universitas Negeri Semarang.
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1507
Refbacks
- There are currently no refbacks.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika