Media Ajar Matematika Berbasis STEM Menggunakan Augmented Reality Untuk Siswa SMK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media ajar matematika berbasis STEM menggunakan Augmented Reality pada jurusan Konstruksi Gedung Sanitasi dan Perawatan (KGSP) yang valid serta mengetahui respon siswa. Subjek penelitian ini yaitu siswa SMK Negeri 2 Purwokerto jurusan KGSP kelas XI. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R and D) yang menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dengan desain penelitian dan pengembangan 4-D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi wawancara, dukumentasi, lembar validasi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian melalui uji validasi diperoleh media ajar matematika berbasis STEM menggunakan Augmented Reality pada jurusan Konstruksi Gedung, Sanitasi dan Perawatan dinyatakan valid setelah melalui proses perbaikan. Namun, hasil uji coba media ajar berdasarkan angket respon siswa menunjukkan masih terdapat siswa yang memberikan respon negatif terhadap media ajar.
Full Text:
PDFReferences
Devi, P. K., Herliani, E., Setiawan, R., & dkk. (2018). Materi Bimbingan Teknis Pembelajaran Berbasis STEM dalam Kurikulum 2013. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.
Elmqaddem, N. (2019). Augmented Reality and Virtual Reality in Education. Myth or reality? International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(3), 234–242. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i03.9289
Harun, S. (2021). Pembelajaran di Era 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, 265–276.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, & dkk. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi Literatur: Problematika Evaluasi Pembelajaran dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Era Merdeka Belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, 10–15. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip
Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Prayogi, R. D., & Estetika, R. (2019). Kecakapan Abad 21 : Kompetensi Digital Pendidik Masa Depan. Journal Manajemen Pendidikan, 14(2), 144–151. https://doi.org/10.15330/jpnu.5.1.40-46
Putri, R. J., Rahman, T., & Qonita, Q. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Multiple Intelligences untuk Menyiapkan Siswa di Era Super Smart Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 871–879. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/415
Raharjo, N. E., & Dinata, C. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality for Bridge pada Mata Pelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan untuk SMK Kelas XI DPIB. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3(1), 100–109. https://doi.org/10.21831/jpts.v3i1.41891
Thiagarajan, S., & dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. In Indiana : Indiana University. https://doi.org/10.1016/0022-4405(76)90066-2
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v14i2.16080
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika