Video Pembelajaran Interaktif dengan Konteks Kemaritiman pada Materi Teorema Phytagoras

Novryarni Saputri, Nur Izzati, Nur Asma Riani Siregar

Abstract


Kurangnya pemahaman konsep teorema phytagoras dapat diatasi dengan video pembelajaran interaktif. Oleh sebab itu, perlu dikembangkannya video pembelajaran interaktif dengan konteks kemaritiman pada materi teorema phytagoras yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan menerapkan model ADDIE yang terdiri dari analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Video pembelajaran dinyatakan valid setelah di uji kevalidan kepada ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa dengan meperoleh nilai kevalidan 92,75% dengan kriteria sangat valid. Uji kepraktisan dinyatakan praktis oleh pendidik dan peserta didik dengan memperoleh nilai kepraktisan 88,93% dengan kriteria sangat praktis. Serta, video pembelajaran ini efektif digunakan saat proses pembelajaran berlangsung.


Full Text:

PDF

References


Afandi, I. A., Wahyuningsih, E. D., & Rokhman, M. S. (2021). Pengaruh video animasi pada pembelajaran daring terhadap pemahaman konsep matematis pada masa pandemi covid-19. Jurnal ilmiah pendidikan matematika, 6(2), 211–216.

Agustin, H. (2021). Uji efektivitas media pembelajaran matematika berbasis video animasi powtoon di SMP pada materi sistem persamaan linier dua variabel (Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang, Malang. Diambil dari https://eprints.umm.ac.id/80888/

Almuhtadin, I. F. (2022). Pengembangan modul pembelajaran aqidah akhlak model majalah anak untuk siswa madrasah ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches, 2(2), 48–56. https://doi.org/10.53621/jider.v2i2.120

Azeva, B. R., Izzati, N., & Febrian. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran berbantuan Ispring Suite dan Powtoon dengan Konteks Kemaritiman pada Materi Teorema Pythagoras kelas VIII SMP. Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Batubara, H. H. (2021). Media pembelajaran digital (N. Asri, Ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif berbasis RME materi aljabar kelas VII SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217. https://doi.org/10.31941/delta.v8i2.1039

Dwijayani, N. M. (2019). Development of circle learning media to improve student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1321(2). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/2/022099

Garsinia, D., Kusumawati, R., & Wahyuni, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran video animasi menggunakan software powtoon pada materi SPLDV. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 3(2), 44. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v3n2.p44-51

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/Gain scores. USA. Diambil dari https://web.physics.indiana.edu/sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf

Khoerunnisa, D., & Puspita Sari, I. (2021). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal teorema phytagoras. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1731–1742. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.1731-1742

Natasya, J., & Izzati, N. (2020). Pengembangan media pembelajaran animasi dengan nuansa kemaritiman berbantuan macromedia flash 8 pada materi relasi kelas VIII SMP. Jurnal Gantang, 5(1), 87–93. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1948

Pradyani, M. H. (2022). Pengembangan video pembelajaran interaktif berorientasi pendidikan matematika realistik pada materi aritmatika sosial kelas VII SMP. Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja.

Rahmadani, Y., Tayeb, T., & Baharuddin. (2018). Modul matematika berbasis mode kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing pada pokok bahasan teorema phytagoras. Samata-Gowa. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n1i3

Setiawan, E., Juita, S., Putra, B. B. P., & Utomo, B. (2021). Pengembangan media pembelajaran video animasi stop motion pada teorema phytagoras materi perbandingan panjang sisi segitiga-segitiga khusus kelas VII di SMPN 2 Mlati. Prosiding SENDIKA, 7(2), 229–240.

Siswono, T. Y. E. (2019). Paradigma penelitian pendidikan: Pengembangan teori dan aplikasi pendidikan matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian (Research and development/R&D). Bandung: Alfabeta.

Susilana, R., & Riyana, C. (2020). Media pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Uswati, N. (2022). Upaya meningkatkan hasil belajar matematika materi relasi dan fungsi melalui model pembelajaran kontekstual pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Salam Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. SICEDU: Science and Education Journal, 1(2). Diambil dari https://rumushitung.com/2015/09/16/relasi-dan-fungsi-matematika-kelas-




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v14i3.16172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats