Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) berbasis pembelajaran differensiasi terhadap koneksi matematis SD kelas 1
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan mata pelajaran matematika yang selalu ditemui mulai dari jenjang SD hingga perguruan tinggi dengan kemampuan-kemampuan yang perlu dikuasai oleh peserta didik diantaranya yakni kemampuan koneksi matematis. Beragamnya kemampuan peserta didik kelas 1 sd Al Islam Pengkol Jepara dan dikung dengan adanya implementasi kurikulum merdeka, perlu adanya pembelajaran yang dilakukan dengan differensiasi. Kemampuan mengoneksikan konsep matematika dan didukung dengan pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu alternatif dalam penelitian ini unntuk membiasakan dan menanamkan kemampuan koneksi matematis dalam pembeajaran matematika. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi PMR berbasis pembelajaran berdiferensiasi, ada tidaknya perbedaan penggunaan PMR berbasis pembelajaran berdiferensiasi dengan pembelajaran konvensional, ada tidaknya pengaruh serta seberapa besar pengaruh PMR terhadap koneksi matematis. Penelitian dengan jenis eksperimen melalui pendekatan Quasi Experimental Group Design serta menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design ini menggunakan populasi seluruh peserta didik kelas 1 dengan mengacu pada teknik nonprobability sampling melalui pendekatan purposive sampling. Sehingga didapatkan jumlah sampel kelas eksperimen (1A) 24 peserta didik dan kelas kontrol (IB) 19 peserta didik. Hasil penelitian yang didapatkan pengimplemenasian PMR Berbasis pembelajaran berdiferensiasi mengacu pada diferensiasi konten dengan adanya data perbedaan hasil antara penggunaan PMR Berbasis pemeblajaran berdiferensiasi dengan pemeblajaran konvensional. Selain itu, PMR Berbasis pembelajaran berdiferensiasi mempunyai pengaruh terhadap koneksi matematis sebesar 21,2%.
Full Text:
PDFReferences
Ansori, M., & Iswati, S. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Airlangga University Press (p. 112).
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155–164. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973
Faizah, A. N., Manasikana, C. A., & Sutriyani, W. (2022). Peran Media Pembelajaran Corong Berhitung Terhadap Pemahaman Konsep Pembagian Di Kelas Ii Sdn 1 Tahunan. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 15–24. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/2073%0Ahttp://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/2073/1842
Fauzi, A., Sawitri, D., & Syahrir, S. (2020). Kesulitan Guru Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 142–148. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1119
Fendrik, M. (2019). Pengembangan Kemampuan Matematis dan Habbits Of Mind Pada Siswa. In Media Sahabat Cendekia (p. 18).
Firmanzah, D., & Sudibyo, E. (2021). Implementasi Asesmen Diagnostik Dalam Pembelajaran Ipa Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Smp/Mts Wilayah Menganti, Gresik. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(2), 165–170. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/index
Fitra, D. K. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Perspektif Progresivisme pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(3), 250–258. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i3.41249
Halistin, Patih, T., & Nurmajidah. (2019). Deskripsi Kemampuan Koneksi Maatematis Siswa MTsN 1 Konawe Selatann. Prosiding SNMPAT II, 204.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2021). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. In PT Refika Aditama.
Herdiansyah, F., & Purwanto, S. E. (2022). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas II pada Materi Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan. Jurnal Basicedu, 6(4), 7496–7502. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3525
Herwanto, H., Mujib, A., & Karnasih, I. (2020). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 72–77. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.679
Herwina, W. (2021). OPTIMALISASI KEBUTUHAN SISWA DAN HASIL BELAJAR DENGAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182.
Jeheman, A. A., Gunur, B., & Jelatu, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 191–202. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.454
Kenedi, A. K., Hendri, S., Ladiva, H. B., & Nelliarti. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Numeracy, 5(2), 226–235.
Marinda, L., & Progam. (2020). TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET DAN PROBLEMATIKANYA PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR. An-Nisa’: Journal of Gender Studies, 13(1), 116–152.
Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. In Universitas Negeri Padang.
Marschall, G. (2023). Teacher self-efficacy sources during secondary mathematics initial teacher education. Teaching and Teacher Education, 132, 104203. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104203
Putri, H. E., Muqodas, I., Wahyudy, M. A., Abdulloh, A., Sasqiya, A. S., & Afita, L. A. N. (2020). Kemampuan-kemampuan Matematis dan Pengembangan Instrumen. In UPI Sumedang Press.
Siregar, R. N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 56–62. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.338
Sumargo, B. (2020). Teknik Sampling. In UNJ Press (p. 20).
Swari, A. G. (2018). ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN REACT DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT.
Warsito, W., Nuraini, Y., & Sukirwan, S. (2019). Desain Pembelajaran Pecahan melalui Pendekatan Realistik di Kelas V. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 25–36. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i1.381
Wijaya, S., Syarif Sumantri, M., & Nurhasanah, N. (2022). Implementasi Merdeka Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Terdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 1495–1506. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i2.450
Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530
Zumrotun, E., Nichla, S., & Attalina, C. (2020). Media Pembelajaran Tutup Botol Pintar Matematika Meningkatkan Hasil Belajar Matematik. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 499–507.
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v14i3.17206
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika