KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA MAHASISWA DENGAN GROUP INVESTIGATION DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi dan aktivitas belajar mahasiswa mata kuliah aljabar dalam materi fungsi kuadrat dan aplikasinya. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah desain penelitian kualitatif yang digunakan untuk mendeskripsikan sejauh mana kemampuan komunikasi matematis dalam pemecahan masalah fungsi kuadrat dan aplikasinya pada mata kuliah Aljabar. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan matematika semester 1 sebanyak 58 orang yang berasal dari SMA jurusan IPA (SMA-IPA) berjumlah 35 orang, SMA Jurusan IPS (SMA-IPS) berjumlah 11 mahasiswa dan SMK berbagai jurusan berjumlah 11 orang yang, responden dipilih melalui teknik random sampling masing-masing 2 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok SMA-IPA memiliki kemampuan memecahkan masalah lebih baik dari kelompok SMA-IPS dan kelompok SMK. Kemampuan komunikasi matematika kelompok SMA-IPA lebih baik dari kemampuan komunikasi matematika kelompok SMA_IPS dan kelompok SMK. Kekurangan untuk kelompok SMA-IPS dan kelompok SMK menyelesaiakn dalam masalah aljabar menggunakan rumus-rumus kalkulus. Kekurangan secara umum mahasiswa belum menuliskan jawaban akhir dalam menjawab pertanyaan soal. Untuk aktivitas belajar dengan metode kooperatif model Group Investigation membuat aktivitas belajar mahasiswa baik sekali, namum mahasiswa dalam keberanian berpendapat dan mengkomunikasikan hasil dengan kriteria baik
Kata kunci: Komunikasi Matematika, Group Investigation, Aktivitas Belajar
Full Text:
PDFReferences
Greenes, C & Schulman, L . 1996. Communication Processes in Mathematical Explorations and Investigation” dalam P.C Elliot dan M.J. Kenney (Eds). Yearbook . Communication in Mathematics. K-12 and Beyond. 159-169. Virginia: Reston
NCTM. 2003. Standards for Secondary Mathematics Teacher. United States of America : The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
UPS. 2016. Pedoman Akademik Universitas Pancasakti Tegal 2016
Raymond S. Ross.1983.Speech Communication: Fundamentals and Practice. Edisi ke6. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice –Hall
Deddy Mulyana,2005. Ilmu Komunikasi Sebuah Pengantar, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008)
Hovland, Carl I. 1953. Communication and persuasion; psychological studies of opinion change /
Effendy, Onong Uchyana. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
NCTM. (1989). Curriculum and Evaluation Standards for School Mathematics. Reston, VA : NCTM
NCTM 2000. Principles and Standard School Mathematics. Reston. V.A: NCTM
Sumarmo. 2003. ”Indikator Kemampuan Komunikasi matematika”. http://kartiniokey.blogspot.co.id/2010/05/meningkatkan-kemampuan-komunikasi.html. Diunduh tanggal 18 Desember 2017
Ansari, Bansu I.2003. Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemahaman dan Kmunikasi Matematika Siswa SMU Melalui Strategi Think-Talk-Write, Disertasi, Bandung: UPI, Tidak dipublikasikan.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.
A.M, Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Raja Grafindo Persada
Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methode). Bandung: ALFABETA
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2338
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika