Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together melalui pendekatan PAIKEM terhadap prestasi belajar ditinjau dari gaya kognitif
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together melalui pendekatan PAIKEM terhadap prestasi belajar ditinjau dari gaya kognitif siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan faktorial 2×2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 17 Semarang tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dengan Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan tes. Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data awal prestasi belajar siswa untuk uji keseimbangan, sedangkan tes terdiri dari dua jenis tes yaitu tes prestasi belajar dan tes gaya kognitif. Pada tes gaya kognitif digunakan Group Embbeded Figures Test (GEFT). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis variansi dua jalan sel tak sama. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) tidak ada perbedaan prestasi belajar siswa pada model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan pendekatan PAIKEM dan model pembelajaran konvensional, 2) prestasi belajar siswa dengan gaya kognitif field independent lebih baik daripada siswa dengan gaya kognitif field dependent, 3) pada berbagai tipe gaya kognitif, prestasi belajar siswa pada model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan pendekatan PAIKEM sama dengan model pembelajaran konvensional, 4) pada model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan pendekatan PAIKEM dan model pembelajaran konvensional, prestasi belajar siswa dengan gaya kognitif field independent lebih baik daripada siswa dengan gaya kognitif field dependent.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Astunnisyah, Budiyono, & Slamet, I. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Roundtable Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 30-36.
Gordon, H. R., & Wyant, L. J. (1997). Cognitive Style of Selected International and Domestic Graduate Students at Marshall University. (Online), http://files.eric.ed.gov/fulltext/ED372711.pdf. (ERIC Number: ED372711) diakses 7 Mei 2019.
Hamid, A., & Prayitno, A. (2012). Meningkatkan Kualitas Belajar Matematika Siswa Kelas VIII dalam Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Model NHT (Number Heads Together) di SMPN 5 Kepanjeng Malang. Humaniora, 9 (2), 59-67.
Hendriani, B. F., Masrukin, & Junaedi, I. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Mandiri Ditinjau dari Gaya Kogntif pada Pembelajaran Matematika Model 4K. Seminar Nasional Matematika X (pp. 38-49). Semarang: Fakultas MIPA, Universitas Negeri Semarang.
Hidayat, A. A., Riyadi, & Subanti, S. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dengan Metode Penemuan Terbimbing pada Materi Kubus dan Balok Ditinjau dari Kemampuan Spasial dan Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3 (1), 75-86.
Ikhlas, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery dan Gaya Kognitif Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 24 Kota Jambi. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora, 18 (2), 61-66.
Kristanti, A. Y., & Kusmanto, B. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kebiasaan Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 12 Yogyakarta. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2), 177-186.
Nahar, D. R. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Number Head Togther (NHT) dan Think Pair Share (TPS) terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMP . Semarang: E-library UPGRIS.
Nugraha, M. G., & Awalliyah, S. (2016). Analisis Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent terhadap Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF, 71-76.
Sangila, M. S., Safaria, S. A., & Sarni. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Arias dan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Al-Ta'dib, 10 (1), 37-54.
Sayun, Marhaeni, & Candiasa. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Bentuk Asesmen terhadap Prestasi Belajar Matematika. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.
Sutrisno, Mardiyana, & Usodo, B. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS dengan Pendekatan Savi terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 1 (7), 661-667
Syah, M., & Rahayu, K. (2009). Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM). Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.
Wijaya, A. P., Mardiyana, & Suyono. (2011). Eksperimen Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) Ditinjau dari Keingintahuan dan Gaya Kognitif Peserta Didik SMP di Kabupaten Blora. JMEE, 1 (2), 93-108.
Witkin, A. H. 1977. Field-Dependent and Independent Cognitive Style and Their Educational Implication. Review of Educational Research, 47 (1), 1-64.
Yasa, I. M. A., Sadra, I. W., & Suweken, G. (2013). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik dan Gaya Kognitif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Matematika, 2.
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3665
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika