Studi etnomatematika pada makanan tradisional Cilacap
Abstract
Etnomatematika merupakan kajian matematika dalam perspektif budaya masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap etnomatematika pada masyarakat Karesidenan Banyumas, khususnya Cilacap. Metode Penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode etnografi. Analisis data yang digunakan adalah model triangulasi yang terdiri dari reduksi data, penyajian dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan matematika digunakan oleh masyarakat ketika mereka membuat makanan tradisional. Keunikannya adalah masyarakat tidak mengenali bentuk secara matematis. Jika terkait dengan matematika sekolah terkait dengan geometri, dimana pola pembentukannya menghasilkan bidang matematika pada bangun datar yang sangat matematis.
Kata kunci: etnomatematika, geometri, makanan tradisional
Full Text:
PDFReferences
Barton, B. (1996). Making sense of ethnomathematics: Ethnomathematics is making sense. Educational Studies in Mathematics, 31(1–2), 201–233. https://doi.org/10.1007/BF00143932
Darmayasa, J. B. (2018). Landasan, Tantangan, dan Inovasi Berupa Konteks Ethnomathematics dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 9. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.709
François, K., & Kerkhove, B. Van. (2010). Ethnomathematics and the philosophy of mathematics. Centre for Logic and Philosophy of Science. October 2009, 121–154.
Haryanto, Nuham, D., Nusantara, T., Subanji, & Rahardjo, S. (2017). Etnomatematika Arfak ( Papua Barat-Indonesia ): Operasi Bilangan pada. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami), 1(1), 288–292. http://conferences.uin-malang.ac.id/index.php/SIMANIS
Huda, N. T. (2018). Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. 2(2), 217–232.
Küçük, A. (2013). Ethnomathematics in Anatolia-I (in Turkey): Geometry perception in multiculturalism. Educational Research and Reviews, 8(16), 1360–1368. https://doi.org/10.5897/ERR012.231
Nur’aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika, 16(2), 1–6. https://doi.org/10.29313/jmtm.v16i2.3900
Purwaning Tyas, A. S. (2017). Identifikasi Kuliner Lokal Indonesia dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pariwisata Terapan, 1(2), 38. https://doi.org/10.22146/jpt.24970
Putri, L. I. (2017). Etnomatematika, Kesenian Tradisional Rebana, Pembelajaran Matematika. Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang Mi, IV(1), 21–31.
Rahayu, D. U., Shodiqin, A., & Muhtarom, M. (2019). Eksplorasi Etnomatematika dalam Kesenian Barongan di Kabupaten Blora. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(4), 1. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3843
Rosa, M., & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics : aspek budaya matematika Etnomatemática : os aspectos culturais da Matematica. Revista Latinoamericana de Etnoatematica, 4, 32–54.
Supiyati, S., Hanum, F., & Jailani. (2019). Ethnomathematics in sasaknese architecture. Journal on Mathematics Education, 10(1), 47–57. https://doi.org/10.22342/jme.10.1.5383.47-58
Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijyanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458
Zayyadi, M. (2018). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Madura. February.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika