Perbandingan Think Talk Write (TTW) Dan Pembelajaran Langsung Dengan Talking Stick (TS) Ditinjau Dari Kemandirian Belajar
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2x3 yang bertujuan untuk mengetahui manakah model pembelajaran yang memberikan prestasi belajar matematika yang paling baik antara siswa yang diajar dengan menggunakan TTW-TS atau DL-TS ditinjau dari kemandirian belajar siswa . Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MA Negeri kelas XI di Kabupaten Ngawi pada tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan stratified cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, angket kemandirian belajar siswa dan tes prestasi belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan anava dua jalan dengan sel tak sama.berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan TTW-TS lebih baik dari DL-TS (2) prestasi belajar matematika siswa dengan kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah adalah sama (3) pada masing-masing model pembelajaran, Prestasi belajar matematika siswa dengan kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah adalah sama (4) pada masing-masing kategori kemandirian belajar, prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan TTW-TS lebih baik dari DL-TS
Kata kunci: Think Talk Write, Pembelajaran langsung, Talking Stick, Kemandirian Belajar
Full Text:
PDFReferences
Abidin, A. Z., Masitoh. S., Bachri., B. S. (2019) Cooperative Learning Method For Improving Students' Motivation Of Post Earthquake In Junior High School Of East Lombok. International Journal of Education and Research. 7 (8), 41 – 48
Anggoro, P. R. (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis HOTS Terhadap Kemampuan Berpikir Matematis. AdMathEdu. 09 (02), 135 – 144
Hashim, S. H.M., Hashim, S., Ahmad, T. B. T. (2019). Using Educational Game Apps In Improving Students Mathematics’ Learning: An Exploratory Study On Third Grader At-Risk Classroom At Primary School In Selangor, Malaysia. International Journal of Education and Research. 7 (5), 253-256
Huda, M. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Irawan, A. (2017). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dan Teams Games Tournament dengan Concept Maps Pada Materi Peluang Ditinjau dari Kecerdasan Matematis Logis Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Se-Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Tesis. Universitas Sebelas Maret
Khotimah, H. (2019). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Belajar Matematika. de Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika. 2 (2), 116 – 123
Laksana, W. A., Wahyuningsih, E. D., Utami, W. B. (2018) Keefektifan Model Pembelajaran Think Talk Write Berbantuan Aplikasi Prezi Terhadap Prestasi Belajar, AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 9 (2), 1 – 7
Mahanal, S., Zubaidah, S., Sumiati, I. D., Sari, T. M., Ismirawari, N. (2019). DRICOSRE: A Learning Model to Develop Critical Thinking Skills for Students with Different Academic Abilities, International Journal of Instructon.12 (2), 417 – 434
Mulyono, D. (2017). The Influence of Learning Model and Learning Independence on Mathematics Learning Outcomes by Controlling Students' Early Ability.International Electronic Journal Of Mathematics Education. 12 (3), 689 – 708
Ratnasari, S. F. & Saefudin, A. A. (2018). Efektivitas PendekatanContextual Teaching and Learning (CTL) Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 06 (01), 120-129
Ryan, T. G. (2013). The Scholarship of Teaching and Learning within Action Research: Promise and Possibilities. Inquiry in Education Journal, 04 (02), 1 – 17
Sari, A. P., Sudargo, Sutrisno. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together melalui Pendekatan PAIKEM terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Gaya Kognitif. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 10 (1), 48 – 59
Stoian, A. D. (2016) The Efficiency of Differentiated Learning, Independent Learning Situations Versus Collaborative Learning, Network Intelligence Studies Journal, 4 (7), 51-59
Wulandari, I. A. D., Suarsana, I. M., & Pujawan, I. G. N. (2018). Model Pembelajaran Kooperatif Talking Stick, Mind Mapping, dan Kemampuan Komunikasi Matematis. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6 (1), 82-93
Yuliantina, I., Myrnawati, C. H., Yufiarti. (2017). Early Mathematical Ability of Children Aged Four To Five Years in The Province of Banten, Indonesia. International Journal of Education and Research. 5 (8), 67 – 80
DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6874
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:
Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika