Pengembangan buku ajar matematika kejuruan berbasis eksprimen

Marhadi Saputro, Matsun matsun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana kelayakan buku ajar matematika kejuruan berbasis eksprimen berdasarkan ahli materi, (2) Bagaimana kelayakan buku ajar matematika kejuruan berbasis eksprimen berdasarkan ahli media. Penelitian dan pengembangan modul IPA terpadu ini menggunakan prosedur  ADDIE  Models yang terdiri dari 4 tahap  yaitu tahap Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluating (evaluasi). Analisis data yang digunakan selama proses penelitian dan pengembangan adalah analisis deskriptif, analisis kelayakan buku ajar berdasarkan skor kriteria. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Buku ajar matematika  kejuruan berbasis eksprimen yang telah di validasi oleh ahli materi dengan keteria layak digunakan dengan nilai rata-rata 72.00. (2) Buku ajar matematika kejuruan berbasis eksprimen yang telah di validasi oleh ahli media dengan keteria layak digunakan dengan nilai rata-rata 73.67. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa pengembangan buku ajar mateamtika kejuruan berbasis eksprimen layak digunakan di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Ani Cahyati & Hartono. (2015). Analisis Ilustrasi Gambar pada Buku Teks Fisika Kelas XI yang Banyak Digunakan di SMA Negeri SeKabupaten Demak. Unnes Physics Education Journal 4 (3),17-25.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul. Yogjakarta: Gava Media.

Matsun, Anggraeni, L., & Trisianawati, E. (2019), Pengembangan Buku Ajar IPA Terpadu berbasis Eksperimen. Lecture: Jurnal Pendidikan, 10(2), 107-122.

Morris, H. (2014). Socioscientific Issues and Multidisciplinarity in School Science Textbooks. International Journal of Science Education, 36, 7, 1137–1158

Ramnarain, U. D., & Chanetsa, T. (2016). An analysis of South African Grade 9 natural sciences textbooks for their representation of nature of science. International Journal of Science Education, 38(6), 922-933.

Rehmat, A. P., & Bailey, J. M. (2014). Technology Integration in a Science Classroom: Preservice Teachers’ Perceptions. J. Sci. Educ. Technol., 23: 744–755.

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166.

Sotiriou, S., Riviou, K., Cherouvis, S., Chelioti, E., & Bogner, F. X. (2016). Introducing large-scale innovation in schools. Journal of Science Education and Technology, 25(4), 541-549.

Sugiyono. (2015) Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabe

Soedarso, N. (2014). Perancangan Buku Ilustrasi Mahapatih Gajah Mada. Humaniora 5 (2), 561-570. Undang Undang Republik Indonesia No.14

Leonardo, S. (2016). Perancangan Buku Ilustrasi Pengenalan Nama BuahBuahan dengan Sistem Isyarat Bahasan Indonesia Berbasis karaketr untuk Anak-anak TKLB-B Karya Mulia Surabaya. (Thesis tidak dibulpikasikan). Surabaya. : Institus Bisnis dan Infirmatika STIKOM Surabaya




DOI: https://doi.org/10.26877/aks.v11i2.6968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Indexed by:

    

 

                 

 

Copyright of AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

 

 

View Aksioma Stats