PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA PADA SISWA KELAS II DI SD NEGERI HARJOSARI 01
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar membaca dan peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca pada siswa kelas II di SD Negeri Harjosari 01. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil observasi terdapat 6 siswa yang mengalami kesulitan membaca dan wawancara dengan guru menunjukkan bahwa penyebab siswa kesulitan membaca yaitu orang tua yang sibuk bekerja dari pagi hingga sore bahkan malam sehingga kurang maksimal untuk mengajari dan mendampingi anaknya, serta jika belajar disekolah waktunya sangat terbatas untuk mengajari anaknya. Sedangkan menurut orang tua, penyebab siswa mengalami kesulitan membaca yaitu orangtua yang sibuk bekerja sehingga tidak bisa memantau kegiatan belajar membaca dan siswa yang tidak memiliki koleksi buku. Dan menurut siswa penyebab kesulitan membaca yaitu malas membaca, dan tidak memiliki koleksi buku. Hasil simpulan dari penelitian adalah faktor-faktor penyebab kesulitan membaca yaitu faktor internal dengan indikator kelelahan dan indikator kesediaan siswa untuk mendapatkan bahan bacaan. Faktor eksternal aspek lingkungan meliputi latar belakang dan aspek kemampuan membaca. Dan guru telah melakukan 9 peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca meliputi: penyedia informasi, penyelenggara atau organisator, motivator, pengurus atau direktur, pemrakarsa atau intiator, pemancar, fasilitator, perantara dan penilai.
Kata Kunci: Peran Guru, Membaca dan Kesulitan Membaca
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/cm.v1i2.12265
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Cerdas Mendidik
Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Siti Patonah, M.Pd.
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]