PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDN DELIK 03 TAHUN AJARAN 2021/2022
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar di masa pendemi COVID-19 terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN Delik 03 tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan desain ex-post facto. Sampel yang diambil adalah 14 siswa kelas IV SD Negeri Delik 03. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar di masa pandemi COVID-19 dengan motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Delik 03 Tahun Ajaran 2021/2022. Hal ini terbukti dengan hasil analisis uji hipotesis yaitu uji korelasi product moment, dari hasil perhitungan didapatkan nilai rhitung > rtabel, dengan rhitung sebesar 0,81 dan rtabel sebesar 0,532, sehingga H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dan motivasi belajar siswa. Hipotesis ini diperkuat dengan hasil analisis regresi linear sederhana dengan perhitungan uji signifikansi Fhitung > Ftabel atau 1.839,87 > 4,75, sehingga H0 ditolak, maka kesimpulannya persamaan siginifikan atau lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Delik 03. Data yang diperoleh dari nilai determinasi sebesar 0,657 membuktikan bahwa lingkungan belajar memang berpengaruh besar terhadap motivasi belajar yang diperoleh oleh siswa yaitu sebesar 65,7 %.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/cm.v1i1.12304
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Cerdas Mendidik
Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Siti Patonah, M.Pd.
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]