PENGARUH DURASI BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS 5 SD 1 SADANG KABUPATEN KUDUS

Achmad Bagus Baskoro, Riris Setyo Sundari, Henry Januar Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh durasi bermain game online terhadap minat belajar siswa kelas V SD 1 Sadang. (2) mengetahui berapa besar pengaruh durasi  bermain game online terhadap minat belajar siswa kelas V SD 1 Sadang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain ex post facto karena tidak ada perlakuan khusus pada variable bebas. Metode yang digunakan adalah korelasional untuk mengetahui hubungan atau pengaruh durasi bermain game online terhadap minat belajar siswa kelas V SD 1 Sadang. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar -0,902, artinya durasi bermain game online dan minat belajar memiliki hubungan yang sangat kuat. Tanda negatif (-) menunjukkan arah hubungan atau pengaruh yang berkebalikan, artinya jika durasi bermain game online meningkat maka minat belajar menurun. Hasil uji determinasi menunjukkan besarnya pengaruh dari durasi bermain game online terhadap minat belajar adalah 81,3%. Hasil uji hipotesis dengan uji z menunjukkan z hitung 3,83 > z tabel 1,96 maka hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya ada hubungan atau pengaruh yang signifikan antara durasi bermain game online terhadap minat belajar siswa kelas V SD 1 Sadang.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v1i2.12797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Cerdas Mendidik



Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik 

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Siti Patonah, M.Pd.    
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]