PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Dewi Kustiyaningsih

Abstract


Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa setelah melalui penerapan pembelajaran demonstrasi pada kelas V SD Negeri Baseran Kecamatan Nogosari kabupaten Boyolali pada mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Baseran Kecamatan Nogosari kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2021/2022, dengan jumlah 13 siswa yang terdiri dari 3 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Kriteria keberhasilan penelitian tindakan ini penulis tentukan sebagai berikut: Siswa dinyatakan berhasil dalam pembelajaran yang peneliti lakukan jika: (1) banyak siswa yang tuntas KKM ≥ 75%  (KKM=65), (2) banyak siswa dengan nilai aktivitas hasil observasi terhadap proses pembelajaran mencapai ≥ 75% dari keseluruhan siswa. Dari hasil penelitian diperoleh gambaran, siswa memperoleh nilai hasil tes tulis ≥ 65 pada siklus I sebanyak  8 siswa (61,54 %), siklus II sebanyak 12 siswa (92,31%) . Dari hasil observasi diperoleh gambaran adanya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran yaitu pada siklus 1  siswa yang aktif dan sangat aktif sebanyak 8 siswa (61,54 %), siklus II sebanyak 12 siswa (92,31%)


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2007). Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Terpadu. Jakarta: Puskur, Balitbang Depdiknas.

Gultom, E. Pemanfaatan Metode Demonstrasi untuk Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Perubahan Wujud Benda Bagi Siswa Kelas IV di SD Inpres 118 Klamalu. Biolearning Journal, 10(2), 1-6.

Nurhadi, Senduk, A.G. 2003. Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning / CTL) dan Penerapanya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang (UMPRESS)

PUTRI, R. A. (2013). Penerapan Metode Demonstrasi dengan Media Benda Asli untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Perubahan Wujud Benda pada Siswa Kelas IV SDN Rejoslamet II Mojowarno Jombang (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang)

Surbakti, R. G. S. B. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SD Negeri 040483 Payung Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, Universitas Quality Berastagi).




DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v1i1.15136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Cerdas Mendidik



Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik 

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Siti Patonah, M.Pd.    
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]