PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MELAKUKAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DALAM PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah melalui penerapan model pembelajaran tutor sebaya pada siswa kelas VI SD Negeri 1 Trosobo Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VI SD Negeri 1 Trosobo Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model tutor sebaya dapat meningkatkan pemahaman konsep operasi hitung bilangan bulat dalam pemecahan masalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Trosobo Kecamatan Sambi Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2022/2023. Hal ini ditandai dengan peningkatan secara nilai rata-rata tes, pada tes pratindakan 42,35 menjadi 55,88 dan di akhir tindakan (siklus 2) menjadi 70,58. Nilai tertinggi yang dicapai siswa pada saat pratindakan 100, sedangkan pada akhir siklus 100. Empat siswa yang memiliki nilai tertinggi saat pra tindakan ditunjuk guru sebagai tutor. Nilai terendah yang dicapai siswa pada saat pratindakan 0, sedangkan pada akhir siklus 0. Secara klasikal nilai rata-rata tes siswa mengalami peningkatan, tetapi masih ada siswa yang tidak mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan karena siswa tersebut berkebutuhan khusus.
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Bilangan Bulat, Tutor SebayaFull Text:
PDFReferences
A., Benny. (2011). Model Desain Sistem Pembelajaran, cet. ke-3. Jakarta: Dian Rakyat
Abdullah Sani, Ridwan. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Afifah Nur. 2011. Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya untuk meningkatkan hasil belajar matematika anak berkesulitan belajar kelas IIIA SD Negeri Kepatihan Surakarta Tahun Pelajaran 2010/2011. Terdapat pada nur afifah 2011eprints.uns.ac.id/6084/1/209331711201104501.pdf.
Astika, U. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kritis. e-Jurnal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, Vol. 3.
Esi, Purwaningsih, E., & Okianna. (2016). Peranan guru sebagai fasilitator dan motivator dalam meningkatkan hasil belajar di kelas XI SMK. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(10), 1–14. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17132/14624
Fitria, Rita Ayu. 2013. Meningkatkan hasil belajar matematika melalui metode pembelajaran tutor sebaya kelas IV SD Negeri Penjalinbanyu Kabupaten Brebes. Diunduh 19 November 2013.
Istiqomah Siti. 2012. Upaya meningkatkan hasil belajar matematika melalui pendekatan tutor sebaya siswa kelas V SD N Krandon Lor 02 Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2011- 2012. Terdapat pada Siti Istiqomah (2012) http://repository.uksw.edu/jspui/bitstream/123456789/853.
Rusman. (2014). Model-model pembelajaran (mengembangkan profesionalisme guru). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran (berorientasi standart proses pendidikan). Jakarta: Kencana.
Sudarma, M. (2013). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif. Jakarta: PT. RAJA GRAFINDO PERSADA.
DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v2i1.18536
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Cerdas Mendidik
Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Siti Patonah, M.Pd.
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]