KEEFEKTIFAN MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 3 MAKANAN SEHAT SUBTEMA 1 KELAS V SD NEGERI HARJOSARI 01 SEMARANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan belajar model pembelajaran flipped clasroom di kelas V SD dengan bantuan media audio visual pada tema 3 makanan sehat subtema 1. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan Pre Eksperimental Design yang berbentuk One Group Pretest Posttest Design. Data penelitian diperoleh dengan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data meliputi pretest dan posttest untuk seluruh siswa. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan, dapat dilihat dari rata-rata kelas yang diperoleh pretest sebesar 56,5% dan possttest sebsesar 78,5%. Uji t dilakukan untuk menganalisis hasil pretest dan posttest. Hal tersebut diperkuat dengan hasil perhitungan diperoleh thitung= 28,9137 selanjutnya dibandingkan dengan ttabel = 1,7291 dengan db = 20-1 pada taraf signifikan α = 5%. Hasil ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 28,9137 > 1,7291 maka H0 ditolak dan Ha diterima atau dapat dikatakan bahwa model pembelajaran flipped classroom berbantu media audio visual efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 3 makanan sehat subtema 1 kelas V SD Negeri Harjosari 01 Semarang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang menandakan bahwa model pembelajaran flipped classroom dengan menggunakan media audio visual efektif dilakukan.
Kata Kunci: Flipped Classroom, Media Audio Visual, Hasil Belajar SiswaFull Text:
PDFReferences
Damayanti, H. N., & Sutama, S. (2016). Efektivitas flipped classroom terhadap sikap dan keterampilan belajar matematika di SMK. Jurnal Manajemen Pendidikan, 11(2), 1-7.
Dewi, N. L. P. S. (2020). Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Virus dengan Pembelajaran Flipped Classroom berbantukan Media Audio Visual. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 47.
Friska, D. Y., Suyitno, I., & Furaidah. (2018). Pengaruh Media Audio dan Audio Visual terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 251–258.
Hasanudin, C., Fitrianingsih, A., & .. (2018). The Implementation of Flipped Classroom using Screencast-OMatic to Improve Students’ Verbal Linguistic Intelligence. International Journal of Engineering & Technology, 7(4.15), 435–439.
Karimah, W. (2019). Penerapan Model Flipped Classroom Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 25.
Kurniawan F. (2016). The Use Of Audio Visual Media In Teaching Speaking. English Education Journal (Eej), 7(2), 180-193.
Maolidah, I.S, Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Teknologi Pendidikan.
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kauntitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Tolks, D., Romeike, B. F., Ehlers, J., Kuhn, S., Kleinsorgen, C., Huber, J., ... & Hege, I. (2020). The online inverted classroom model. A blueprint to adapt the inverted classroom to an online learning setting in medical and health education. MedEdPublish, 9.
Whesli, H., Tyas, A., Hardini, A., Kristen, U., & Wacana, S. (2021). EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan. Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Discovery Learning Berbantuan Media Audio Visual di Sekolah Dasar. 3(3), 698–704.
DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v2i2.18544
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Cerdas Mendidik
Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Siti Patonah, M.Pd.
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]