PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA TEMA 1 SUBTEMA 1 SISWA KELAS V SDN 2 GEDEBEG KABUPATEN BLORA

Siti Sumiati, Suyitno Suyitno, Asep Ardiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 2 Gedebeg Kabupaten Blora. Penelitian yang digunakan peneliti adalah metode kuantitatif dengan jenis Posttest-Only Control Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN 2 Gedebeg yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengambilan Sampel Jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode (1) kuesioner, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara reward terhadap motivasi belajar siswa kelas V. Hal ini diperoleh melalui hasil analisis regresi linier sederhana melalui spss 26 diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,036 < 0,05 dan memiliki Fhitung > Ftabel yaitu 5,151 > 4,41 yang berarti terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa. Dari hasil analisis diperoleh koefisien determinasinya adalah ( 0,222) dalam hal ini rata-rata hasil motivasi belajar siswa yang dipengaruhi oleh penerapan pemberian reward adalah 22,2 % dan sisanya 77,8 dipengaruhi oleh faktor lain dalam diri siswa.

Kata Kunci: Reward, Motivasi


Full Text:

PDF

References


Aljena, S. C., Andari, K. D. W., & Kartini, K. 2020. Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo, 1(2), 127–137.

Emda, A. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Lantanida Journal,. 5(2), 93–196.

Febianti, Nisa Y. 2018. Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Pemberian Reward And Punishment Yang Positif. In Jurnal Edunomic (Vol. 6, Issue 2).

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hamalik, O. 2013. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

Haq, A. 2018. Motivasi Belajar Dalam Meraih Prestasi. Jurnal Pendidikan Islam Victratina, 3(1), 193–214.

Oktaviana, Ira. 2015. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Didaerah Binaan 1 Kecamatan Limping Kabupaten Batang. Online.

Prastyo, G. M., Kurniawan, F., & Resita, C. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Dalam Kebugaran Jasmani Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 12 Sekolah Ma Nurul Huda. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 60–65. https://doi.org/10.35706/jlo.v1i1.3979

Rosyid, M. Z. 2018. Reward & Punishment dalam Pendidikan. Literasi Nusantara.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelejaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sujarweni, V. W., & Utami, L. R. 2019. The Master Book Of SPSS. Yogyakarta: Startup.




DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v3i1.18561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Cerdas Mendidik



Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik 

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Siti Patonah, M.Pd.    
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]