DAMPAK PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA KECERDASAN EMOSIONAL DAN INTERKASI SOSIAL SISWA KELAS IV SD TLOGOSARI 06 SEMARANG

Dinar Anandia Putri A.G, A. Y. Soegeng. Ysh, Veryliana Purnama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan dampak penggunaan media sosial pada kecerdasan emosional dan interaksi sosial siswa kelas IV SD Tlogosari Kulon 06 Semarang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru kelas IV SD Tlogosari Kulon 06 Semarang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dampak positif penggunaan media sosial terhadap perkembangan kecerdasan emosional siswa kelas IV SD Tlogosari Kulon 06 diantaranya siswa dapat mengenali emosi diri sendiri dan orang lain, dapat membina hubungan sedangkan dampak negatif adalah siswa tidak dapat mengelola emosi dengan baik. Dampak positif penggunaan media sosial terhadap interaksi sosial anak kelas IV SD Tlogosari Kulon 06 diantaranya siswa mengetahui cara melakukan kontak sosial, menghargai dan saling memberikan kesempatan berbicara kepada orang lain, ada keterbukaan terhadap orang lain dan rasa empati sedangkan dampak negatifnya adalah siswa menjadi suka mengomentari orang lain dan tersinggung ketika mendapat kritikan dari orang lain.


Keywords


Media sosial, kecerdasan emosional, interaksi sosial

References


Aditya, R. (2015). Pengaruh Media Sosial Terhadap Minat Anak di Pekanbaru. Jurnal Fisip.

Agustini Ni Ketut, dkk. “Korelasi Antara Kecerdasan Emosional dengan Interaksi Sosial Siswa Kelas V SD Gugus VI Pangeran Dipenegoro Denpasar Barat”. UPG: Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol. 2, No. 1 April 2019.

Ardian, A., Purwanto, S., & Alfarisi, D. S. (2019). Hubungan Prestasi Belajar Siswa Kelas Khusus Olahraga Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Keolahragaan, 7(2), 126–134.

Ayu, S., & Dwi., M. F. (2019). Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di Sd Takhassus Alquran Kalibeber Wonosobo. Jurnal Abdau., 2(1), 101–114.

Fitrianur, I. (2016). Analisis Efek Penggunaan Media Sosial Line Messenger Pada Remaja di SMK Negeri 1 Samarinda. eJournal lmu Komunikasi, 2016, 4 (4): 240-253.

Nasdian, F.T. 2015. Sosiologi Umum. Jakarta: Buku Obor, 2015: 63

Nurhayati, L., Maula, L. H., & Nurasiah, I. (2021). Kecerdasan Emosional dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Bangun Datar di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26 (2).

Sintia, A., & Hartati, S. (2023). Dampak Media Sosial Tiktok Terhadap Perilaku Sosial Anak X dan Y di Taman Kanak-kanak Negeri Pembina Tigo Nagari Pasaman. 7, 2329–2334.

Siregar, Asrul. 2022. Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Pendidikan. EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan 5(4):389–408. doi: 10.47006/er.v5i4.12936.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, R. (2017). Hubungan Intensitas Menggunakan Facebook Dengan Kecenderungan Nomophobia Pada Remaja Correlation Of Facebook Use Intensity With Tendency Becoming Nomophobia On Adolescent. Jurnal Psikologi.




DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v3i2.20040

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dinar Anandia Putri A.G

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik 

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Siti Patonah, M.Pd.    
Phone. +62 81326274259
Email: sitifatonah@upgris.ac.id

slot gacor slot