PENGEMBANGAN MEDIA JAKUBA BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK KELAS V SD NEGERI MERNUNG
Abstract
Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis augmented reality. Tahap pengembangan mengikuti model ADDIE dan terdiri dari tahapan berikut: analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah sebuah produk media pembelajaran berupa aplikasi yang dapat dijalankan pada perangkat smartphone Android. Fitur utama dari media pembelajaran ini adalah adanya teknologi augmented reality yang memungkinkan objek 3D virtual berbentuk kubus dan balok dapat ditampilkan langsung di perangkat pengguna. Angket hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan Analisa penilain skala likert sehingga diperoleh hasil sebagai berikut: Hasil uji coba terhadap validator ahli media dengan presentase skor 95% yang termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Sehingga media augmented reality ini mampu digunakan sebagai alternatif penggunaan media pembelajaran yang akan membantu guru dalam memahami materi matematika. Kemudian hasil uji coba lapangan menyatakan bahwa media augmented reality sudah sesuai dengan kriteria media pembelajaran yang baik dan dinyatakan praktis serta dapat diterima sehingga layak digunakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apandi, A. (2022). Augmented Reality Maket Perumahan Mutiara Citayam Menggunakan Perangkat Lunak Unity. Jurnal Teknik Dan Science, 1(2), 104-111.
HIJRAH, H. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA JARING-JARING KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELASV SDN 27 WOJA (Doctoral dissertation, Universitas_Muhammadiyah_Mataram).
INDAH, P. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) BERBASIS ANDROID PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Karuni, D. W. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented reality pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Khotimah, K., & Satiti, W. S. (2019, November). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII. In Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin (Vol. 2, No. 1, pp. 99-105).
Sukma, L. R. G., Prayitno, S., Baidowi, B., & Amrullah, A. (2022). Pengembangan Aplikasi Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Smp Negeri 13 Mataram. PALAPA, 10(2), 198-216.
DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v3i2.20656
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nabilla Regita Cahyani, Husni Wakhyudin, Suyitno Suyitno
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik
Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang
Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang
Dr. Siti Patonah, M.Pd.
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]