PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LISTENING TEAM DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL KELAS 3A TEMA 8 SD NEGERI WONOTINGAL SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Andi Wijaya

Abstract


Abstrak

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas 3A SDN Wonotingal. Nilai hasil belajar tema 7 kelas 3A  masih banyak peserta didik tidak memenuhi KKM, yaitu sebanyak 60% dari 15 peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Listening Team Dengan Media Audiovisual Kelas 3A Tema 8 SDN Wonotingal Seamarang Tahun Pelajaran 2020/2021. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang meliputi 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas 3A SDN Wonotingal. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus yang masing-masing siklus 2 pertemuan. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran Listening Team dengan media Audiovisual dapat meningkatan hasil belajar Tema 8 pada belajar peserta didik kelas 3A SDN Wonotingal. Saran dari penelitian ini adalah melalui model Listening Team dengan media Audiovisual ini semoga dapat memeberikan kontribusi yang lebih baik dalam perbaikan pembelajaran.

Kata Kunci : Listening Team, Media Audiovisual .


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/cm.v1i1.8906

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Cerdas Mendidik



Copyright of Jurnal Cerdas Mendidik 

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas PGRI Semarang

Jl. Sidodadi Timur No. 24 - Dr. Cipto Semarang

Dr. Siti Patonah, M.Pd.    
Phone. +62 81326274259
Email: [email protected]