Keberterimaan Aplikasi Soemeh sebagai Wujud Aksesibilitas Penyandang Tuli

Dinar Westri Andini, Muhaimi Mughni Prayogo, Abdul Rahim, Zainur Wijayanto, Nurcholish Arifin Handoyono

Abstract


Aksesibilitas sangat penting diperhatikan untuk memenuhi kebutuhan seluruh keberagaman karakteristik individu. Prinsip kemudahan, kemanan, dan kenyamanan perlu terus dikembangkan sehingga seluruh keberagaman karakteristik individu dapat berpatisipasi aktif di masyarakat sebagai cermin terwujudnya masyarakat inklusif. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengungkap keberterimaan aplikasi Soemeh berbasis speech recognition sebagai wujud aksesibilitas penyandang tuli. Metode pelaksanaan pegabdian menggunakan sosialisasi dan pelatihan. Sosialisasi dilakukan secara daring yang diikuti 60 orang, sedangkan untuk pelatihan dilakukan luring di Bandung dengan melibatkan anggota komunitas tuli sejumlah 44 orang. Pengambilan data tetang keberterimaan aplikasi Soemeh menggunakan angket berskala 1-4 dengan 3 aspek yang diamati yaitu kegunaan, kemudahan, dan sikap. Hasil dari kegiatan ini mendukung konsep teori TAM (The Technology Acceptance Model)  yaitu pemahaman akan kegunaan dan kemudahan yang dialami pengguna sangat mendukung terkait sikap atau niat menggunakan aplikasi Soemeh.

Keywords


keberterimaan; teknologi asistif; speech recognition; tuli

Full Text:

PDF

References


Ariej, M. C., & Rahardjo, T. (2019). Adaptasi Komunikasi Mahasiswa Tuli di Perguruan Tinggi. Interaksi Online, 8(1), 132–144.

Constantinou, V., Ioannou, A., Klironomos, I., Antona, M., & Stephanidis, C. (2020). Technology Support for The Inclusion of Deaf Students in Mainstream Schools: A Summary of Research from 2007 to 2017. Universal Access in the Information Society, 19(1), 195–200. https://doi.org/10.1007/s10209-018-0630-8

Cranmer, S. (2018). Disability, Society and Assistive Technology. Disability & Society, 33(9). https://doi.org/10.1080/09687599.2018.1504472

Davydov, M., & Lozynska, O. (2016). Linguistic Models of Assistive Computer Technologies for Cognition and Communication. International Scientific and Technical Conference on Computer Sciences and Information Technologies, 171–174. https://doi.org/10.1109/STC-CSIT.2016.7589898

Dickinson, K. J., & Gronseth, S. L. (2020). Application of Universal Design for Learning (UDL) Principles to Surgical Education During the COVID-19 Pandemic. Journal of Surgical Education, 77(5), 1008–1012. https://doi.org/10.1016/j.jsurg.2020.06.005

Gugenheimer, J., Plaumann, K., Schaub, F., Di Campli San Vito, P., Duck, S., Rabus, M., & Rukzio, E. (2017). The Impact of Assistive Technology on Communication Quality Between Deaf And Hearing Individuals. Proceedings of the ACM Conference on Computer Supported Cooperative Work, CSCW, 669–682. https://doi.org/10.1145/2998181.2998203

Harahap, R. M., Santosa, I., Wahyudi, D., & Martokusumo, W. (2017). Inovasi Akses Assistive Technology untuk Mahasiswa Disabilitas Pendengaran dengan Pendekatan Prinsip Universal Design. Seminar Nasional Seni dan Desain 2017, Universitas Negeri Surabaya, 372-379.

Luft, P. (2017). What Is Different About Deaf Education? The Effects of Child and Family Factors on Educational Services. The Journal of Special Education, 51(1), 27–37.

Ma, Q., & Liu, L. (2011). The Technology Acceptance Model. Advanced Topics in End User Computing, Volume 4, January. https://doi.org/10.4018/9781591404743.ch006.ch000

Mayangsari, I., Salsabila, U. H., Tari, & Zulaikha, I. R. (2020). Pendidikan Teknologi di Sekolah Inklusi. At-Tarbawi: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Kebudayaan, 7(2), 278–285. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v8i2.2195

McNicholl, A., Desmond, D., & Gallagher, P. (2020). Assistive Technologies, Educational Engagement and Psychosocial Outcomes Among Students With Disabilities in Higher Education. Disability and Rehabilitation: Assistive Technology, 0(0), 1–9. https://doi.org/10.1080/17483107.2020.1854874

Nam, C. S., Bahn, S., & Lee, R. (2013). Acceptance of Assistive Technology by Special Education Teachers: A Structural Equation Model Approach. International Journal of Human-Computer Interaction, 29(5), 365–377.

Outhred, R. (2012). Reconceptualising Inclusion in Higher Education. International Journal of Inclusive Education, 16(2), 37–41. https://doi.org/10.1080/13603116.2011.629690

Rodolitz, J., Gambill, E., Willis, B., Vogler, C., & Kushalnagar, R. (2019). Accessibility of Voice-Activated Agents for People Who Are Deaf or Hard of Hearing. Journal on Technology and Persons with Disabilities, 7, 144–156.

Rosita, T., Rochyadi, & Endang., S. (2020). Teknologi Asistif dalam Pendidikan Inklusif. Journal of Elementary Education, 3(6), 306.

Sugiarmin, M. (2012). Pengembangan Teknologi Asistif bagi Anak Berkebutuhan Khusus dalam Seting Pendidikan Inklusif. Universitas Pendidikan Indonesia, 1–24. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_BIASA/195405271987031-MOHAMAD_SUGIARMIN/PENGEMBANGAN_TEKNOLOGI_ASISTIF.pdf

Wari, R., Pradana, R. E., & Maula, L. H. (2020). Analisis Pendapat Siswa Tentang Pembelajaran Berbasis Media Televisi Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Perseda, 3(2), 99–104.

Yuwono, I. & Muniroh, N. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran REACTION bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus di Perguruan Tinggi. SPECIAL : Special and Inclusive Education Journal, 1(1), 31–36. https://doi.org/10.36456/special.vol1.no1.a2138

Zati, V. D. A. (2020). Kegiatan Pembelajaran Bahasa Inggris Secara Daring bagi Siswa SD Selama Pandemi Covid-19. ESJ (Elementary School Journal), 10(3), 1–9.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i4.11407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.