Peningkatan Keterampilan Penulisan Karya Tulis Ilmiah pada Santri dengan Model Hybrid Project Based Learning
Abstract
Santri merupakan seseorang yang menuntut ilmu dilembaga pendidikan berbasis Pondok Pesantren. Selama ini, santri dianggap seseorang yang hanya paham terkait agama dan tidak mampu bersaing dengan siswa di sekolah umum. Pengembangan keterampilan yang dimiliki oleh santri dibutuhkan agar santri mampu memiliki daya saing dalam menghadapi perkembangan zaman pada abad 21. Salah satu keterampilan yang dibutuhkan pada saat ini adalah keterampilan penulisan karya tulis ilmiah. Berdasarkan permasalahan tersebut diadakan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah untuk meningkatkan daya saing santri. Pada pelaksanaan pelatihan karya tulis ilmiah ini dibagi menjadi dua fokus pelatihan yaitu (1) pelatihan penulisan naskah karya tulis ilmiah dan (2) pelatihan presentasi karya tulis ilmiah. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan keterampilan karya tulis ilmiah dengan model project based learning yang dilaksanakan secara hybrid. Hasil dari pelatihan menunjukkan peningkatan keterampilan penulisan karya tulis ilmiah dengan dibuktikan hasil skor peningkatan keterampilan karya tulis ilmiah dan keikutsertaan santri dalam ajang kompetisi karya tulis ilmiah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dass, R. (2014). Literature and the 21st century learner. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 123, 289–298. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1426
Dwijayanti, R., Marlena, N., & Patrikha, F. D. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis (KTI) Bagi Guru-guru SMK di Kabupaten Jombang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 249–266. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.2.07
Fahruddin, F., Sudirman, S., Witono, A. H., & Hakim, M. (2019). Pelatihan Penyusunan Penulisan Karya Ilmiah (PTK) di Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Bermi Desa Babussalam Kecamatan Gerung Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(2), 0–3. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v2i2.366
GUO, Z. (2017). The Cultivation of 4C’s in China—Critical Thinking, Communication, Collaboration and Creativity. DEStech Transactions on Social Science, Education and Human Science, emass, 2–5. https://doi.org/10.12783/dtssehs/emass2016/6796
Hadi, H. (2018). Daya Saing Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Hamzanwadi pada Kompetisi Karya Tulis Ilmiah Periode 2013-2017. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 2(2), 1. https://doi.org/10.29408/geodika.v2i2.1102
Hafiyusholeh, M., Lubab, A., Asyhar, A. H., Fanani, A., Farida, Y., Novitasari, D. C. R., Ulinnuha, N., Intan, P. K., Utami, W. D., Zuhri, Z., Arifin, A. Z., Yuliati, D., & Hamid, A. (2020). Pendampingan Guru Madrasah untuk Mewujudkan Kompetensi Pedagogik Guru Matematika yang Berdaya Melalui Penguasaan Soal High Order Thinking Skills (HOTS). Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 183–200. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i1.97
Harjito, Maharani Umaya, N., & Septiana, I. (2015). Metode Tepat Guna Menulis Ilmiah bagi Santri Pondok Pesantren Al Itqon dan Tholaba Barokatil Quran Kota Semarang. E-Dimas, 6(2), 64. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v6i2.963
Hediansah, D., & Surjono, H. D. (2020). Hybrid Learning Development to Improve Teacher Learning Management. 3(1), 1–9. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p001
Herlina, H., Soekarno, S., Wibowo, Y., & Utami, E. S. (2020). Pemberdayaan Santri dan Alumni Pondok Pesantren Melalui Wirausaha Budidaya Jamur Merang (Volvariella Volvaceae L.). E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(3), 274–281. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i3.3914
Ibrahim. (2019). Implikasi Penerapan Model Pembelajaran Transformatif dalam Pembelajaran Agama di Pesantren. (Indonesia Jurnal Sakinah) Jurnal Pendidikan dan Sosial Islam, 1(1), 17–33.
Idris, I., Subekti, A., & Sulistyo, W. D. (2020). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dan Pengelolaan Jurnal Elektronik sebagai Media Halaqoh Ilmiah di Pesantren Luhur. Jurnal Praksis dan Dedikasi Sosial (JPDS), 3(1), 11. https://doi.org/10.17977/um032v3i1p11-20
Karimah, U. (2018). Pondok Pesantren, dan Tujuan Pendidikan. Misykat, 03(01), 137–154.
Ma, E. T., Borsa, T., Şehit, İ., Sami, U., Anadolu, Ş., & Mersin, T. (2019). Integrating 4C Skills of 21st Century into 4 Language Skills in EFL Classes Vacide Erdoğan. 7(11), 113–124.
Martín, C., Segarra, I. M., Ibáñez, M. A., Mira, S., Fajardo, C., & González-Benito, M. E. (2021). Effectiveness of A Hybrid Project-Based Learning (H-Pbl) Approach for Students’ Knowledge Gain and Satisfaction in A Plant Tissue Culture Course. Education Sciences, 11(7). https://doi.org/10.3390/educsci11070335
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).
Rohmat. (2019). Pendidikan Pesantren Salaf (Telaah Nilai-Nilai Humanis-Religius). Tawadhu, 3(2), 911–926.
Suradi, A. (2018). Transformasi Tradisi Pesantren dalam Menghadapi Era Globalisasi. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Keagamaan, 14(1), 16–39.
Suwarso, P. N., Emaliana, I., Rahmiati, I. I., & Lintangsari, A. (2022). Pendampingan Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasi Artikel Jurnal bagi Guru Bahasa Inggris SMA/MA se-Malang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 13(1), 138–144.
Syafe’i, I. (2017). Pondok Pesantren : Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8, 85–103.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco, CA: John Wiley & Sons.
Warsihna, J. (2016). Meningkatkan Literasi Membaca dan Menulis dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Kwangsan, 4(2), 67. https://doi.org/10.31800/jurnalkwangsan.v4i2.84
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i2.11742
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.