Penerapan Digital Marketing pada UMKM “ESM Collection” di Kota Surabaya
Abstract
Fenomena Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ESM Collection sampai saat ini masih belum memaksimalkan strategi pemasaran dengan digital marketing yang sangat diperlukan dalam situasi saat pandemi maupun pasca pandemi Covid 19. Penjualan masih banyak dilakukan secara konvensional menunggu pembeli datang ke rumah, ke workshop ataupun melalui pameran. Tujuan program pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah memberikan pelatihan dan pendampingan guna meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan kemampuan digital marketing, merancang content digital marketing untuk produk ESM Collection dan memberikan pendampingan penguasaan penjualan online. Mitra dalam program ini aadalah UMKM ESM Collection yang terletak di Semolowaru Surabaya dengan produk kreatif seperti tas, dompet, kap lampu, payung dan kipas yang terbuat dari kertas semen bekas. Metode pelaksanaan program pengabdian masyarakat yang dilakukan adalah melakukan pendampingan dan pelatihan penggunaan digital marketing melalui aktivitas mempersiapkan konten sosial media, redesain konten, melakukan pendampingan penggunaan digital marketing dan pelaporan pelaksanaan kegiatan. Hasil program pengabdian masyarakat ini adalah UMKM ESM saat ini telah memiliki akun dan mampu menggunakan media sosial youtube.com, facebook dan instagram sebagai strategi digital marketing. Melalui pemanfaatan media sosial yang optimal oleh UMKM mitra dapat memberikan alternatif pengenalan dan pemasaran produk yang tidak hanya menunggu pembeli datang ke rumah atau memanfaatkan media pameran kolektif. Hasil lain yang dicapai menginformasikan bahwa mitra sudah mampu melakukan transaksi penjualan berbasis online.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andayani, S., Indartuti, E., & Maduwinarti, A. (2019). Program Kemitraan Masyarakat pada Usaha Kreasi Kertas Semen dan Tas Karunia di Kelurahan Semolowaru dan Kelurahan Medokan Semampir Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya. JPM17: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 55-60. doi: https://doi.org/10.30996/jpm17.v4i1.1997
Chusniyah, I., & Fauza, N. (2022). Pelatihan Digital Marketing bagi Pelaku Umkm sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran di Masa Pademi bagi Masyarakat Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 138-149. doi: https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v2i2
Fauzi, D., & Zakiah, H. K. (2021). Strategi Digital Marketing bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive, 16(1), 32-41. doi: https://doi.org/10.36618/competitive.v16i1
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62-76. doi: https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Firdaus, S. A., Ilham, I. F., Aqidah, L. P., Firdaus, S. A., Astuti, S. A. D., & Buchori, I. (2020). Strategi UMKM untuk Meningkatkan Perekonomian Selama Pandemi Covid-19 pada Saat New Normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 5(1), 46-62. doi: https://doi.org/10.15642/oje.2020.5.1.46-62
https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia
Lestari, I. D., & W, L. D. P. W. S. W. (2022). Pengembangan UMKM Kue Melalui Digital Marketing pada Era Pandemi Covid-19 Desa Grajagan. Jurnal ABDIMASKU, 5(2), 274-283. doi: https://doi.org/10.33633/ja.v5i2.441
Muliansyah, D., & Rahmayanti, R. (2019). Peranan Kualitas Website dan Aplikasi Youtube sebagai Media Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Mempengaruhi Pergeseran Perilaku Konsumen. JOINT (Journal of Information Technology), 1(2), 63-68. doi: https://doi.org/10.47292/joint
Muniroh, L., Hurriyaturrohman, & Marlina, A. (2017). Manfaat Penggunaan Media Sosial terhadap Peningkatan Penjualan Tas pada Pengrajin Tas di Ciampea. Jurnal Ilmiah Inovator, 6(2), 58-70. doi: http://dx.doi.org/10.32832/inovator.v6i2.1046
Santoso, R., Fianto, A. Y. A., & Yurisma, D. Y. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran UMKM Kali Jegles Berbasis Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Tekmulogi, 1(2), 47-54.
Stiadi, M., Herlinudinkhaji, D., Ariyanti, Y. D. P., & Erwanti, N. (2021). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing dalam Pengembangan Pemasaran bagi Pelaku UMKM. BAKTI BANUA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). doi: https://doi.org/10.35130/bbjm.v2i1.212
Suhandiah, S., & Widyasari, A. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Online dan Strategi Konten untuk Meningkatkan Pemasaran UMKM ESM Collection. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Tekmulogi, 1(2), 55-60.
Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi pada UMKM di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat, 1(2), 36-50. doi: https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588
Syifa, Y. I., Wardani, M. K., Rakhmawati, S. D., & Dianastiti, F. E. (2021). Pelatihan UMKM Melalui Digital Marketing untuk Membantu Pemasaran Produk pada Masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat), 2(2), 6-13. doi: http://dx.doi.org/10.31002/abdipraja.v2i1.3602
Waluyo, S., Pramusinto, W., Ferdiansyah, & Susanti, I. (2021). Pemasaran Produk UKM pada Sosial Media Instagram sebagai Sarana Online Marketing Kerjasama dengan Kelurahan Parung Serab. BERNAS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(4), 921-925. doi: http://dx.doi.org/10.31949/jb.v2i4.1360
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i2.12510
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.