Program “Ceria (Cerdas Bermedia)”: Optimalisasi Kreasi dan Inovasi Guru-Guru di SMP Negeri 6 Langsa Melalui Pelatihan Membuat Komik Digital Berbasis Budaya Aceh

Rizki Amalia, Sofiyan Sofiyan, Ulya Nabilla

Abstract


Di era digital saat ini, terlebih masa pasca pandemi yang memerlukan penyesuaian dari berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan. Dari segi pembelajaran, peran teknologi sudah tidak dapat dipisahkan. Pembelajaran yang menarik bagi siswa, dapat menumbuhkan rasa ingin tahu siswa sehingga belajar menjadi kegiatan yang menyenangkan dan tidak terkesan belajar karena terpaksa. Peran serta pendidik sangat berpengaruh terhadap motivasi dan hasil belajar yang optimal. Salah satunya adalah usaha pendidik melaui pengembangan media pembelajaran yang menarik dan terintegrasi dengan nilai-nilai budaya. Alhasil peserta didik tidak hanya mendapat ilmu pengetahuan yang diharapkan tetapi juga tidak merasa asing dengan budaya sendiri nantinya. Program “Ceria (Cerdas Bermedia)” ini diajukan tim sebagai usaha optimalisasi kreasi dan inovasi guru-guru di SMP Negeri 6 Langsa melalui pelatihan membuat komik digital berbasis budaya Aceh. Adapun tujuan diselenggarakannya program pengabdian kepada masyarakat ini adalah (1) Menumbuhkembangkan budaya peduli dan peka bagi dosen dan mahasiswa pendidikan Matematika Universitas Samudra dalam pengembangan media pembelajaran yang menarik dan terintegrasi dengan nilai-nilai budaya lokal; (2) Memberikan pelatihan kepada guru untuk dapat mengembangkan komik digital sesuai dengan materi pelajaran yang diampu dan berbasis budaya Aceh; dan (3) Membantu guru-guru di SMPN 6 Langsa menghasilkan buku komik digital yang ber-ISBN sebagai hasil karya kreasi dan inovasi media. Adapun metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini menggunakan metode pendekatan secara langsung, ceramah dan praktik. Hasil pada pengabdian kepada masyarakat ini adanya peningkatan kompetensi guru dan membuat media pembelajaran yaitu komik digital berbasis budaya Aceh. Pada akhirnya melalui program ini, diharapkan guru-guru dapat terus mengembangkan berbagai media pembelajaran lainnya secara berkelanjutan.


Keywords


media; komik digital; budaya Aceh

Full Text:

PDF

References


Amalia, R., Zaiyar, M., Fadilah, F., Santoso, E. (2021). Android-Based Learning Environment To Enhance Creative Thinking Mathematics and Self-Efficacy. Journal of Physics: Conference Series 1764 (1), 012133

Amalia, R., Fadilah, F., Komarudin, M., Kusuma, J. W. (2021). Development of Mathematics E-Books in Improving Mathematical Literacy and Entrepreneurial Spirit. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13 (3), 2425-2434.

Fadilah, F., & Amalia, R. (2019). Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya Aceh Melalui Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Dimensi Matematika, 1(02), 34-42.

Fadilah, F., Amalia, R., Priyanda, R. (2020). The Effectiveness of Using Lectora Based on Aceh Culture on Linear Equation System Material. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3 (4), 3084-3090.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i4.13467

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.