Pendalaman Imunologi/Vaksin dan Pewarnaan Intraseluler bagi Guru SMA/Sederajat se-Malang Raya dan Sekitarnya

Muhaimin Rifa'i, Muhammad Sasmito Djati, Nashi Widodo, Sefihara Paramitha Sakti, Fikriya Novita Sari, Farida Rachmawati, Aya Shofiyah, Kavana Hafil Kusuma

Abstract


Malang merupakan salah satu kota pelajar yang memiliki berbagai sekolah dan perguruan tinggi yang terpercaya bagi pelajar dari berbagai daerah untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas. Pembelajaran di tingkat SMA bukan hanya terfokus pada kegiatan belajar mengajar, namun juga pada keterampilan laboratorium yang dapat meningkatkan kemampuan siswa terutama pada bidang biologi. Peningkatan minat siswa pada bidang sains mendorong para guru untuk lebih kreatif mengembangkan ilmu pengetahuan siswa mengikuti perkembangan teknologi. Pengabdian masyarakat ini diselenggarakan sebagai media transfer ilmu Biologi terbaru, terutama terkait imunologi dan pewarnaan intraseluler, kepada guru SMA/sederajat se-Malang Raya dan sekitarnya. Tahapan kegiatan diawali dengan persiapan dan sosialisasi program kepada peserta, perumusan materi, pelaksanaan kegiatan berupa pemaparan materi dan praktikum, serta evaluasi. Pendalaman konsep vaksin dan imunologi serta konsep pewarnaan intraseluler menggunakan flow cytometry telah terlaksana dengan hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta dalam penguasaan materi yang diberikan. Evaluasi pada kegiatan menunjukan 93% peserta sangat berminat dan menunjukan tingkat kepuasan peserta pada kegiatan yang dilakukan. Kegiatan ini meningkatkan pemahaman peserta pada konsep imunologi dan vaksin sebagai bekal pembelajaran siswa. Kegiatan serupa sangat diharapkan oleh peserta untuk dilakukan secara berkelanjutan dengan pemahaman yang lebih kompleks.

Keywords


imunologi; vaksin; flow cytometry

Full Text:

PDF

References


Ariyanti, N. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Organ Pencernaan Manusia Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(4), 193–200. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Marques, I., Almeida, P., Alves, R., Dias, M. J., Godinho, A., & Pereira-Leal, J. B. (2014). Bioinformatics Projects Supporting Life-Sciences Learning in High Schools. PLoS Computational Biology, 10(1). https://doi.org/10.1371/journal.pcbi.1003404

Muliana, M., Wahyuni, S., & Erwing, E. (2021). Optimalisasi Fungsi Laboratorium IPAMelalui Kegiatan Praktikum Di SMP Negeri 4 Sinjai Timur Kabupaten Sinjai. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(3), 2598–9944. https://doi.org/10.36312/jisip.v5i3.2182/http

Rusmiyati, A. (2007). Pengembangan Model Pengajaran Dengan Problem Based Instruction Pada Pokok Bahasan Fluida Untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains. FMIPA UNNES.

Shivaraju, P. T., Manu, G., Vinaya, M., & Savkar, M. K. (2017). Evaluating the effectiveness of pre- and post-test model of learning in a medical school. National Journal of Physiology, Pharmacy and Pharmacology, 7(9), 947–951. https://doi.org/10.5455/njppp.2017.7.0412802052017

Sulaksono, A. G. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk Pemetaan SMK Kota Malang. JOINTECS) Journal of Information Technology and Computer Science, 2(2), 2541–6448. https://doi.org/10.31328/jo

Wefer, S. H., & Sheppard, K. (2008). Bioinformatics in high school biology curricula: A study of state science standards. CBE Life Sciences Education, 7(1), 155–162. https://doi.org/10.1187/cbe.07-05-0026




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i4.13509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.