Pelatihan Identifikasi Tumbuhan dan Pembuatan Herbarium sebagai Pengembangan Pembelajaran Biologi

Eka Kartikawati, Ranti An-nisaa, Maesaroh Maesaroh, Irdalisa Irdalisa

Abstract


Pembelajaran ilmu pengetahuan alam masih banyak yang menggunakan metode satu arah. Pengajar masih belum banyak menggunakan metode yang bervariasi. Selain itu, penggunaan media juga sangat diperlukan dalam pembelajaran yang melibatkan aktivitas siswa dan menarik serta menyenangkan siswa sehingga siswa akan memperoleh kemampuan yang baik. Oleh karena itu, solusinya pendidik dan peserta didik di lapangan harus dapat mengembangkan kegiatan salah satunya dengan pembuatan herbarium serta identifikasinya, maka tujuan pembelajaran akan tercapai dengan sempurna. Metode pelaksanaan dalam pelatihan ini adalah dengan survei, pendekatan kepada mitra yang dituju, melaksanakan pelatihan dan evaluasi. Hasil kuesioner yang disimpulkan adalah 100% peserta pelatihan menyatakan kegiatan pelatihan ini sangat bermanfaat bermanfaat karena dapat mengetahui cara membuatnya sehingga membuat tertarik peserta pelatihan untuk membuatnya sendiri.


Keywords


herbarium; identifikasi tumbuhan; pembelajaran biologi

Full Text:

PDF

References


Abrori, F. M., Adhani, A., & Rupa, D. (2018). Bimbingan Teknis Inventarisasi Identifikasi Tumbuhan bagi SDN 045 Tarakan Melalui Pembuatan Herbarium Berbasis Potensi Lokal Ekosistem Hutan Tropis. Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo. https://doi.org/10.35334/jpmb.v2i1.432

Kartikawati, E., Ningsih, A., & Akbar, B. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Basicedu, 4(3), 565–570. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.398

Mertha, I. G., Idrus, A. Al, Ilhamdi, M. L., & Zulkifli, L. (2018). Pelatihan Teknik Pembuatan Herbarium Kering Dan Identifikasi Tumbuhan Berbasis Lingkungan Sekolah di SMAN 4 Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 82–87.

Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group

Murni, P., Muswita, Harlis, Yelianti, U., & Kartika, W. D. (2015). Lokakarya Pembuatan Herbarium Untuk Pengembangan Media Pembelajaran Biologi di MAN Cendikia Muaro Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 30(2), 1–6.

Muswita, M., Yelianti, U., Sukmono, T., Harlis, H., & Kartika, W. D. (2019a). Pelatihan Pembuatan Herbarium Sebagai Media Pembelajaran Biologi di SMAN 11 Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat. https://doi.org/10.22437/jkam.v3i2.8479

Muswita, M., Yelianti, U., Sukmono, T., Harlis, H., & Kartika, W. D. (2019b). Pelatihan Pembuatan Herbarium Sebagai Media Pembelajaran Biologi di SMAN 11 Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 3(2), 170–175. https://doi.org/10.22437/jkam.v3i2.8479

Pkm-csr, P., & Sub, N. (2020). Prosiding PKM-CSR, Vol. 3 (2020) e-ISSN: 2655-3570. 3, 1–4.

Primawati, S. N., Harisanti, B. M., Utami, S. D., & Dewi, I. N. (2021). Jurnal Pengabdian UNDIKMA : Pelatihan Pembuatan Herbarium Sebagai Media Pembejalaran di Sekolah Bagi Guru MTs Dharut Tayyibin Batu Jai Kabupaten Lombok Barat Program Studi Pendidikan Biologi , FSTT , UNDIKMA Fakultas Pertanian , UNRAM Corresponding Author. 2(1), 43–49.

Ranti, E. S., & Hazizah, N. (2019). Pengaruh Kegiatan Herbarium Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak di PAUD Kasih Ibu I Luar Parit. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1), 43–48. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v6i1.5372

Smith, J. P. J. (2017). The herbarium. Botanical Studies.

Susilo, M. J. (2015). Analisis Kualitas Media Pembelajaran Insektarium dan Herbarium untuk Mata Pelajaran Biologi Sekolah Menengah. Jurnal Bioedukatika. https://doi.org/10.26555/bioedukatika.v3i1.4141

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154

Yelianti, U., Hamidah, A., Muswita, M., & Sukmono, T. (2016). Pembuatan Spesimen Hewan Dan Tumbuhan Sebagai Media Pembelajaran Di Smp Sekota Jambi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat.

Yuniati, N., Purnama, B. E., & Nurgoho, G. K. (2011). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Pada Sekolah Dasar Negeri Kroyo 1 Sragen. Jurnal Speed - Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i4.13623

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.