Pelatihan Penyelenggaraan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN Ketelan 12 Surakarta

Citra Dewi Utami, Adi Putra Surya Wardhana, Agus Heru Setiawan, Purwastya Pratmajaya

Abstract


SD Negeri Ketelan 12 Surakarta merupakan sekolah yang berada di tengah-tengah perkotaan tetapi menghadapi masalah kekurangan siswa dan fasilitas yang kurang memadai. Mayoritas guru kurang menguasai IT dan beberapa di antaranya memasuki usia pensiun. Selain itu, para guru kurang memiliki pemahaman terhadap Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang menjadi program baru Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Oleh sebab itu, permasalahan ini perlu diatasi melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan tema yang dipilih pihak sekolah, yaitu Kearifan Lokal. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh SDN Ketelan 12 Surakarta. Pengabdian masyarakat dilakukan secara luring dalam bentuk workshop fotografi dan videografi untuk merekam pembuatan nasi liwet sebagai kearifan lokal makanan tradisional Surakarta. Beberapa faktor pendukung dalam kegiatan ini adalah antusiasme entitas sekolah, yaitu guru dan siswa. Sedangkan faktor penghambat kegiatan adalah siswa masih perlu bimbingan orang dewasa selama projek berlangsung. Kegiatan ini perlu dilanjutkan agar entitas sekolah benar-benar dapat memahami dan mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.


Keywords


fotografi; karakter; pancasila; projek; videografi

Full Text:

PDF

References


Adit, A. (2020, May 7). Mendikbud Nadiem: Ini 6 Profil Pelajar Indonesia. Kompas.Com. https://www.kompas.com/edu/read/2020/05/07/130140471/mendikbud-nadiem-ini-6-profil-pelajar-indonesia

Asrijanty, & Wartanto (Eds.). (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Istianah, A., & Susanti, R. P. (2021). Pendidikan Pancasila sebagai Upaya Membentuk Karakter Pelajar Pancasila. Jurnal Gatranusantara, 19(2), 202–207.

Jamaludin, J., Alanur S, S. N. A. S., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2021). Pendidikan Karakter sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024, (2020). jdih.kemdikbud.go.id

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran, (2022). jdih.kemdikbud.go.id

Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sherly, S., Herman, H., Halim, F., Dharma, E., Purba, R., Sinaga, Y. K., & Tannuary, A. (2021). Sosialisasi Implementasi Program Profil Pelajar Pancasila di SMP Swasta Sultan Agung Pematangsiantar. Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(3), 282–289. https://doi.org/10.46306/jub.v1i3.51

Sulastri, S., Syahril, S., Adi, N., & Ermita, E. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Profil Pelajar Pancasila bagi Guru di Sekolah Dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3). https://doi.org/10.29210/30032075000

Wijayanti, P. S., Jamilah, F., Herawati, T. R., & Kusumaningrum, R. N. (2022). Penguatan Penyusunan Modul Projek Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak Jenjang SMA. ABDIMAS NUSANTARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 43–49.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i4.13919

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.