Strategi Branding untuk PKK Bumi Sariwangi Mekar Kabupaten Bandung Barat

Widi Senalasari, Adila Sosianika, Rafiati Kania, Lina Setiawati, Fatya Alty Amalia

Abstract


Mitra dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah kelompok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Bumi Sariwangi Mekar (BSM) yang menjalankan kegiatan bisnis dan belum optimal. Bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan mitra di antaranya adalah kios makanan yang menjual makanan jadi dan bahan pokok. Dari seluruh kegiatan tersebut, mitra ingin fokus pada peningkatan kinerja penjualan dari kios makanannya di mana hasil pendapatannya masih fluktuatif dan cenderung menurun. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara mitra, tim PkM menemukan bahwa mitra mengalami masalah dari segi pemasaran dan manajerial. Dari segi pemasaran, mitra belum memiliki identitas yang kuat untuk kios makanannya sehingga tidak terdiferensiasi dengan baik dari pesaingnya. Oleh sebab itu, permasalahan marketing lebih diprioritaskan dibandingkan menyelesaikan masalah managerial. Solusi yang ditawarkan adalah strategi branding melalui pembuatan desain logo sebagai identitas pemasaran produk mitra. Dari hasil wawancara, observasi mitra serta strategi branding dari pesaing didapatkan berbagai masukan sebagai input untuk pembuatan konsep merek produk. Adapun nama merek yang dipilih adalah Teras Jajanan Sariwangi, dengan nuansa warna jingga yang menggambarkan keceriaan dan semangat.

Keywords


branding; PKK; strategi pemasaran; pembuatan logo; Bandung Barat

Full Text:

PDF

References


Baporikar, N., & Deshpande, M. (2017). SMEs and branding strategies. International Journal of Applied Management Sciences and Engineering (IJAMSE), 4(1), 43-55.

Kotler, P., & Armstrong, G. M. (2010). Principles of marketing: Pearson Education India.

Popy Rufaidah, S. (2013). Branding Strategy Berbasis Ekonomi Kreatif: Triple Helix vs. Quadruple Helix.

Sammut-Bonnici, T. (2014). Brand and branding.

Saqib, N. (2020). Positioning–a literature review. PSU Research Review, 5(2), 141-169.

Setiawati, S. D. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku usaha mikro kecil menengah. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 125-136.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i3.16328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.