Pendampingan Percepatan Penguasaan Kemampuan Menghitung Siswa Sdn Danau Ina Kelurahan Oesapa Melalui Strategi “Kakakku Guruku”
Abstract
Mitra dalam kegiatan PkM ini yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang dengan sekolah sasarannya yaitu SDN Danau Ina Oesapa. Masalah utama yang dialami mitra khususnya di sekolah sasaran yaitu masih sangat tertinggalnya pencapaian kompetensi para siswa Kelas 2 jika dibandingkan dengan tuntutan Permendikbud Nomor 37 Tahun 2018 sebagai dampak dari diadakannya peraturan belajar dari rumah ketika mereka masih berada di Kelas 1. Untuk mempercepat pencapaian kompetensi para siswa maka, berdasarkan hasil diskusi bersama mitra, Tim PkM melaksanakan suatu kegiatan pendampingan percepatan kemampuan menghitung dengan tema “Kakakku Guruku”. Untuk menciptakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan, Tim PkM melibatkan para mahasiswa dari Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi Bimbingan Konseling sebagai kakak-kakak guru yang akan membantu para siswa belajar dalam kelompok-kelompok kecil. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa Kegiatan PkM yang telah dilaksanakan efektif dalam membantu para guru dalam mempercepat kemampuan menghitung para siswa SDN Danau Ina Oesapa. Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata nilai siswa dari nilai 20 di pretest menjadi 70.5 di posttest. Pihak sekolah pun merasa terbantu dengan kegiatan yang dilakukan; hal ini terlihat dari permintaan sekolah agar kegiatan ini dapat menjadi suatu kegiatan yang berkelanjutan terus ke depannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Dosinaeng, W. B. N. (2018). Scaffolding Untuk Meningkatkan Pemahaman Logaritma Siswa Ditinjau Dari Teori APOS. Seminar Nasional Matematika 2018 Universitas Parahyangan Bandung, August.
Mar’ah, N. K., Rusilowati, A., & Sumarni, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 446.
Munthe, A. P., & Naibaho, H. P. (2019). Manfaat dan Kendala Penerapan Tutor Sebaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Lentera Harapan Mamit. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(2), 138–147. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p138-147
Pradnyawathi, N. N. C., & Sastra Agustika, G. N. (2019). Pengaruh Model Pakem Berbasis Tri Hita Karana terhadap Keterampilan Menulis. International Journal of Elementary Education, 3(1), 89. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17660
Priyantoro, D. E. (2017). Bimbingan dan Konseling untuk Motivasi Belajar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan …, 1–9. http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/bimbingan-dan-konseling-untuk-motivasi-belajar
Sobana. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Pendidikan dan Pelatihan Aparatur. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 166–175. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i2.18
Sudarwanto, S., & Hadi, I. (2014). Pengembangan Alat Peraga Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa. Sarwahita, 11(1), 32. https://doi.org/10.21009/sarwahita.111.06
Wahyu, F. P., Nugraha, I. I., Pebrinsyah, M. I., & Permadi, R. (2020). Dampak Covid 19 Dalam Dunia Pendidikan. Journal Uinsgd, Khazanah Pendidikan Islam, 2(3), 100–106. https://doi.org/10.15575/kp.v2i3.
Zahara, E. (2016). 411 Pendekatan PAKEM, Hasil Belajar Matematika Elvii Zahara. 5(November), 411–415.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i3.16976
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.