Perancangan Logo UMKM di Sentra Roti Gang Babakan Rahayu Kopo, Bandung

Lingga Agung, Yanuar Rahman, Nabila Alifah Putri, Hilwa Tsabita Ihsani, Ahmad Yusuf Kautsar Ilmi, Rafiurrizki Rafiurrizki, Athar Athallah Putra

Abstract


Produksi roti rumahan di Gang Babakan Rahayu, Kelurahan Kopo, Kecamatan Bojongloa Kaler, Kota Bandung, telah menjadi sentra produksi roti yang unik dan mencerminkan kolaborasi masyarakat dalam mengembangkan bisnis lokal. Meskipun kegiatan ini memiliki strategi ekonomi yang signifikan, sentra roti ini menghadapi tantangan tahunan seperti kenaikan bahan baku, tarif dasar listrik, dan persaingan produk ternama, yang berdampak pada penurunan popularitas yang pernah viral pada tahun 2018. Sebagai respons, Pengabdian Masyarakat dilaksanakan pada awal tahun 2023 setelah mengidentifikasi masalah utama, yaitu kurangnya identitas visual baik secara keseluruhan maupun pada produsen individu. Identitas visual, terutama logo, memegang peranan penting dalam branding dan promosi. Pengembangan logo yang kuat dan konsisten akan dilakukan melalui metode penelitian kualitatif, seperti observasi, wawancara, dan studi pustaka. Kolaborasi juga terjalin dengan Karang Taruna Kelurahan Kopo, yang dipimpin oleh Budhi Wibawa. Teori dasar perancangan logo adalah FIVE-I, melibatkan identifikasi, ideasi, imajinasi, improvisasi, dan implementasi. Melalui pengabdian masyarakat dan penerapan teori ini, diharapkan terbentuk kolaborasi efektif dalam merancang logo. Tim penelitian memilih 3 UMKM yang membutuhkan logo, dan ketiga logo yang dirancang menampilkan visualisasi umum, seperti gambar roti atau karakter seorang baker.


Keywords


identitas visual; logo; sentra roti gang babakan rahayu

Full Text:

PDF

References


Ainun, N., Maming, R., & Wahida, A. (2023). Pentingnya peran logo dalam membangun branding pada umkm. Jesya, 6(1), 674-681. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.967

Azelia, N. C. and Patria, A. S. (2022). Perancangan identitas visual umkm ecoprint girly lestari di surabaya. Jurnal SASAK: Desain Visual Dan Komunikasi, 4(2), 93-103. https://doi.org/10.30812/sasak.v4i2.2121

Oribel, F., Izaak, W. C., Eka, F. A., Mawarni, N. D., Rosyidah, F. I., & Putra, N. P. (2022). Optimalisasi media promosi digital sebagai strategi pemasaran wisata terpadu umkm kendangsari, surabaya. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 5(2), 175-181. https://doi.org/10.29303/jppm.v5i2.3684

Strecker, S., Baumöl, U., Karagiannis, D., Koschmider, A., Snoeck, M., & Zarnekow, R. (2019). Five inspiring course (re-)designs. Business &Amp; Information Systems Engineering, 61(2), 241-252. https://doi.org/10.1007/s12599-019-00584-5




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i3.18113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.