Pengembangan Computational Thinking Siswa melalui Tantangan Bebras 2023 di Biro Bebras Universitas Kristen Maranatha

Mewati Ayub, Robby Tan, Maresha Caroline Wijanto, Rossevine Artha Nathasya, Adelia Adelia, Wenny Franciska Senjaya, Oscar Karnalim, Daniel Jahja Surjawan, Doro Edi, Hapnes Toba, Meliana Christianti, Julianti Kasih, Risal Risal, Diana Trivena Yulianti, Teddy Marcus Zakaria, Swat Lie Liliawati

Abstract


Pengabdian masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan Computational Thinking (CT) siswa melalui kegiatan Tantangan Bebras. Tantangan Bebras adalah kegiatan untuk memberi tantangan kepada siswa berupa sekumpulan Bebras task yang harus diselesaikan dalam waktu terbatas. Bebras task mengandung konsep Computational Thinking dan informatika yang dikemas dalam bentuk persoalan yang harus dipecahkan. Tantangan Bebras diadakan oleh Bebras Indonesia setiap tahun pada minggu kedua bulan November dengan melibatkan mitra Biro Bebras di seluruh Indonesia. Biro Bebras Universitas Kristen Maranatha mempersiapkan guru pendamping siswa melalui pelatihan guru agar dapat membimbing siswa dalam berlatih memecahkan Bebras task. Dalam pelatihan, guru diperkenalkan dengan Bebras task melalui kuis yang kemudian dibahas bersama. Guru juga diberi materi pengenalan CT dan aktivitas unplugged. Masa pendaftaran peserta Tantangan Bebras dilakukan setelah pelatihan, pendaftaran dilakukan secara kolektif melalui sekolah. Ada 4 kategori lomba, yaitu SiKecil untuk SD kelas 1-3, Siaga untuk SD kelas 4-6, Penggalang untuk SMP, dan Penegak untuk SMA. Terdapat 54 sekolah yang mendaftarkan siswanya. Menjelang hari Tantangan diadakan technical meeting untuk guru sebagai persiapan untuk mendampingi siswa pada saat uji coba akun dan pada saat tantangan. Peserta yang mengikuti Tantangan melalui Biro Bebras UK Maranatha berjumlah 3429 orang, yang terbanyak adalah kategori Penggalang. Hasil Tantangan menunjukkan kategori Siaga dan SiKecil sudah baik, sedangkan kategori Penggalang dan Penegak perlu mempersiapkan diri lebih baik di tahun mendatang.


Keywords


Bebras task; computational thinking; tantangan bebras

Full Text:

PDF

References


Ayub, M., Karnalim, O., Tan, R., Wijanto, M. C., Edi, D., Bunyamin, H., . . . Nathasya, R. A. (2022). Pelatihan Guru untuk Tantangan Bebras 2022 di Biro Bebras Universitas Kristen Maranatha. E-Dimas, 14(3), 565-600.

Ayub, M., Wijanto, M. C., Adelia, Susanto, B., Edi, D., Kasih, J., . . . Surjawan, D. J. (2021). Service Learning in Teachers and Students Mentoring for 2020 Bebras Challenge in Pandemic Era at Maranatha Christian University Bebras Bureau. Journal of Innovation and Community Engagement (Journal of ICE), 2(2), 75-88.

Ayub, M., Wijanto, M. C., Senjaya, W. F., Karnalim, O., Kandaga, T., Witono, T., . . . Gantini, T. (2017). Edukasi Berpikir Komputasional melalui Pelatihan Guru dan Tantangan Bebras untuk Siswa di Bandung pada Tahun 2016. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarat (Sendimas), (pp. E12-E18). Bandung.

Code.org. (2023, 6 20). PISA's new focus on Computational Thinking and coding. Retrieved 8 1, 2023, from https://codeorg.medium.com/pisas-new-focus-on-computational-thinking-and-coding-fbe90e456c5f

Dagiene, V., & Stupuriene, G. (2016). Bebras – a Sustainable Community Building Model for the Concept Based Learning of Informatics and Computational Thinking. Informatics in Education, 15(1), 25–44.

Gülbahar, Y., Kalelioğlu, F., Doğan, D., & Karataş, E. (2020). Bebras: A Social Approach for Concept Based Learning of Informatics and Computational Thinking. Ankara Üniversitesi Eğitim Bilimleri Fakültesi Dergisi, 241-272.

oecd.org. (2023). PISA 2025 Learning in the Digital World. Retrieved 8 1, 2023, from https://www.oecd.org/pisa/innovation/learning-digital-world/

TOKI. (2017). Bebras Indonesia. Retrieved May 10, 2022, from https://bebras.or.id/v3/

Wijanto, M. C., Ayub, M., Senjaya, W. F., Toba, H., Santosa, S., & Karnalim, O. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Tantangan Bebras untuk Siswa di Biro Universitas Kristen Maranatha pada tahun 2017 - 2018 untuk Edukasi Computational Thinking. Sendimas, (pp. 295-301). Semarang.

Wing, J. (2006). Computational Thinking. . Communication of The ACM, 49(3), 33-35.

Wing, J. (2011). Research notebook : Computational thinking - What and why? The link magazine, 6, 20-23.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i3.18162

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.