Pendampingan Manajemen Strategik dan Strategi Operasi dalam Pengembangan Usaha Koperasi Susu KUD Banyumanik Kota Semarang

Wahyudi Wahyudi, Aulia Arma, Yovita Mumpuni Hartarini, Sopi Sopi

Abstract


Keberlangsungan usaha Koperasi tidak akan luput dari permasalahan yang dapat dialami di masa yang akan datang. Jika permasalahan Koperasi tersebut tidak segera diantisipasi dan diatasi dengan baik maka akan berakibat fatal bagi keberlanjutannya. Oleh sebab itu manajemen strategik dan strategi operasi dalam kegiatan Koperasi sangat penting untuk diperhatikan. Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada usaha Koperasi Susu KUD Banyumanik Kota Semarang adalah memberikan pendampingan manajemen strategik dan strategi operasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sudah terbentuk kesadaran akan pentingnya penerapan manajemen strategik dan strategi operasi pada Koperasi Susu KUD Banyumanik Kota Semarang. Diharapkan kegiatan pendampingan manajemen strategik dan strategi operasi dapat dilakukan secara teratur, untuk mengantisipasi risiko yang mungkin akan dihadapi dalam kegiatan di Koperasi.

Keywords


PKM; manajemen strategik; manajemen operasi

Full Text:

PDF

References


Annaafi, Andianti, Silvia Fathonah, Pirhad Pridandi, Tasya Febriana, and Nike Sartika. 2021. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Umkm Dan Pentingnya Branding Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Perekonomian Di Masa Pandemi Covid-19.” Pp. 46–57 in Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Vol. 1.

Aprilyanto, Dimas, and Bayu Ilham Pradana. 2021. “Penerapan Manajemen Strategik Dan Etos Kerja Islam Terhadap Kinerja Karyawan Pada Koperasi Agro Niaga Indonesia (Kanindo) Syariah Jawa Timur.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB 9(2):1–15.

Fauziah, Nofia Filda, and Endang Retnoningsih. 2020. “Sistem Informasi Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Web.” Information Management for Educators and Professionals 4(2):183–92.

Hermayani, Putri, and Muhammad Arif. 2022. “Analisis Strategi Kualitas Kelembagaan Koperasi Pada Dinas Koperasi Provinsi Sumatera Utara.” Jurnal Multidisiplin Dehasen 1(2):51–54.

Rahmana, Arief, Muchammad Fauzi, and Annisa Maharani Suyono. 2021. “Pendampingan Strategi Pemasaran Digital Produk Makanan Dalam Menjalankan Bisnis Di Era New Normal Di Kota Bandung.” AL-KHIDMAT: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat 4(1):49–57.

Rahmandinata, Farid, Zulfadil, and Rosyetti. 2020. “Analisis Potensi Dan Strategi Pengembangan Usaha Koperasi Sekunder Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Di Provinsi Riau.” Jurnal Tepak Manajemen Bisnis 12(3):475–90.

Reid, and Sanders. 2016. Strategi Operasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sari, Ayu Wandan, and Meirinawati. 2021. “Manajemen Strategi Program Sentra Wisata Kuliner Urip Sumoharjo Oleh Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro Kota Surabaya.” Publika. 9(1):105–18.

Suryani, Susie, Randi Saputra, and Herdiyan Wahyudi. 2022. “Analisis Strategi Pengelolaan Koperasi Unit Desa (KUD) Mulia Dalam Meningkatkan Kinerja Operasional Di Desa Sari Makmur.” Jurnal Ekonomi KIAT 33(2):38–48.

Sutanto, AB. 2014. Manajemen Strategik Komprehensif. Jakarta: Erlangga.

Taufiqurrahman. 2016. Manajemen Stratejik. Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Widayanto, Mutinda Teguh. 2020. “Analisis Penerapan Manajemen Strategik Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Usaha.” JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan) 5(3):173–82.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i3.18370

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.