Fun learning Matematika: Pendampingan Guru Matematika untuk Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan

Rahmy Zulmaulida, Khairiani Idris, Nurul Akmal, Fauziana Fauziana, Mutia Sari, Erlidawati Erlidawati

Abstract


Kemampuan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan sangat penting untuk meningkatkan minat peserta didik dalam belajar matematika. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat digunakan adalah fun learning. Artikel ini mendeskripsikan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh tim FTIK IAIN Lhokseumawe pada guru di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu (MIT) Al-Muslimun, Aceh Utara dalam menerapkan fun learning dalam pelajaran matematika, yaitu pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat dengan metode permainan maju-mundur. Kegiatan dilakukan dengan metode participatory action research yang dibagi dalam 4 tahap, yaitu pengenalan fun learning, latihan praktik fun learning, implementasi fun learning, dan evaluasi implementasi fun learning. Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang guru MIT Al-Muslimun yang dibagi dalam 5 kelompok. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah memberikan keterampilan bagi guru-guru di MIT Al-Muslimun dalam menerapkan fun learning di kelas. Beberapa kendala yang dihadapi dalam implementasi fun learning adalah terkait persepsi guru tentang kesesuaian materi dengan tingkat kemampuan peserta didik dan tingkat pemahaman guru tentang konsep materi yang disampaikan. Guru yang akan menerapkan pembelajaran ini sebaiknya memiliki kesiapan dan penguasaan konsep yang baik untuk menghindari kesalahan penyampaian di kelas. Hal ini perlu dipastikan sebelum guru mengimplementasikan fun learning di kelas.

Keywords


fun learning; guru madrasah ibtidaiyah; operasi bilangan bulat; permainan maju-mundur

Full Text:

PDF

References


Afandi, A., Laily, N., & Noor Wahyudi, M. H. U. (2022). Metodologi pengabdian masyarakat. Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam.

Ambarsari, I. F., Hasanah, N., Azizah, N., Agusti, A., & Yana, I. (2022). Implementasi belajar matematika menyenangkan berbasis pembelajaran game inovatif di MTs Sarji Ar Rasyid. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(8), Article 8.

Layyinah, L. (2017). Menciptakan pembelajaran fun learning based on Scientific approach dalam pembentukan karakter peserta didik pada pembelajaran PAI. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.17509/t.v4i1.6987

LeFevre, J.-A., Jimenez Lira, C., Sowinski, C., Cankaya, O., Kamawar, D., & Skwarchuk, S.-L. (2013). Charting the role of the number line in mathematical development. Frontiers in Psychology, 4. https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fpsyg.2013.00641

Mahdayani, M., Paloloang, B., & Lefrida, R. (2017). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan permainan maju mundur untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada penjumlahan VII SMP Negeri 4 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(2), Article 2. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/8298

Rambli, D. R. A., Matcha, W., & Sulaiman, S. (2013). Fun learning with AR Alphabet Book for Preschool Children. Procedia Computer Science, 25, 211–219. https://doi.org/10.1016/j.procs.2013.11.026

Rouder, J. N., & Geary, D. C. (2014). Children’s cognitive representation of the mathematical number line. Developmental Science, 17(4), 525–536. https://doi.org/10.1111/desc.12166

Setiyadi, B., & Loviansi, L. (2020). Hubungan iklim kelas dan motivasi belajar dengan hasil belajar peserta didik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.33751/jmp.v8i1.1960

Syahid, A. A. (2019). Gembira bersekolah: Memaknai fun learning di sekolah dasar. 1(1).

Zardetto-Smith, A. M., Mu, K., Phelps, C. L., Houtz, L. E., & Royeen, C. B. (2002). Brains Rule! Fun = Learning = Neuroscience Literacy. The Neuroscientist, 8(5), 396–404. https://doi.org/10.1177/107385802236965




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v15i3.18451

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.
 
slot gacor slot