Pemberdayaan Santri Melalui Kegiatan Menulis Teks Sastra

Achmad Ja’far Sodik, Ixsir Eliya

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini ditujukan pada santri di Pondok Pesantren Busyrol Karim, Kabupaten Pemalang. Tujuan Pengabdian adalah memberdayakan keterampilan menulis teks sastra bagi santri di Pondok Pesantren Busyrol Karim. Metode pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat merujuk pada kegiatan pelatihan untuk pendidikan luar sekolah yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pembinaan, pengawasan, pemantauan, penilaian, dan pengembangan. Pelaksanaan pemberdayaan santri melalui kegiatan menulis teks sastra berhasil dilaksanakan dengan hasil akhir produk berupa antologi teks sastra “Dari Santri untuk Negeri”. Produk tersebut merupakan kumpulan karya santri yang terdiri atas 23 puisi, 5 cerpen, dan 3 naskah drama. Kegiatan menulis teks sastra ini juga disisipi nilai-nilai keagamaan sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk penyebaran agama islam melalui bahasa dan sastra dan turut serta dalam membangun peradaban Islam di Indonesia.


Keywords


pemberdayaan santri; menulis; teks sastra; puisi; cerita pendek; drama

Full Text:

PDF

References


Aksara, Sudjana, HD. (2007). Sistem dan Manajemen Pelatihan. Bandung: Falah Production.

Cronin, Camille, and Caroline Hawthorne. (2019). Poetry in Motion’ a Place in the Classroom: Using Poetry to Develop Writing Confidence and Reflective Skills. Nurse Education. 76: 73–77. doi:10.1016/j.nedt.2019.01.026. Tersedia di: http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=mnh&AN=30771613&site=ehost-live

Dewojati, C. (2018). Pengembangan Pembelajaran Penulisan Kreatif Berwawasan Lingkungan Bidang Bahasa dan Sastra Indonesia bagi Guru dan Siswa Pondok Pesantren Muqimus Sunnah di Palembang. Bakti Budaya, 1 (1) https://journal.ugm.ac.id/bakti/article/view/37919/21828

Dobrnjič, Olga Dečman, dan, Bojan Jeram. (2011). E-Communication from Boarding Schools to Parents. Informatologia, 44(3): 227-34. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=lxh&AN=78267539&site=ehost-live.

Faqih, M. (2015). Pemberdayaan Santri melalui Vocational Skills di Pondok Pesantren An-Nur Ngrukem Sewon Bantul. Jurnal Elektronik Mahasiswa Pend.luar sekolah, 4(4). http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pls/article/view/576

Fuadiyah, A. (2015). Manajemen pelatihan khitobah dalam meningkatkan kemampuan santri menjadi muballigh profesional di pondok pesantren salaf Tahfidz Al-Qur’an Al Arifiyyah Pekalongan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Gintings, A. (2011). Esensi Praktis Manajemen Pendidikan dan Pelatihan. Bandung: Humaniora.

Gordon-Handler, Lisa, Katherine Dimitropoulou, Lynn Hassan, Michael Masaracchio, dan Amiya Waldman-Levi. (2019). Exploration of Graduate Health Care Students Writing Skills Using a Transformational learning Approach to a Literacy Enrichment Program. Journal Of Allied Health, 48 (3): 201–208. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=mnh&AN=31487359&site=ehost-live.

Koswara, R. (2014). Manajemen Pelatihan Life Skill dalam Upaya Pemberdayaan Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Empowerment, 4(1).

Machsum, T. (2013). Kepengayoman terhadap Sastra Pesantren di Jawa Timur (The Nurture of Pesantren Literature in East Java). Meta sastra: Jurnal Penelitian Sastra, 6(1). http://ejurnalbalaibahasa.id/index.php/metasastra/article/view/112

Mcglynn, Kaitlyn, dan Janey Kelly. (2019). Evolving Students' Writing Skills: How to Improve Domain-Specific Writing. Science Scope. 42(8): 40–43. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=agp&AN=135589074&site=ehost-live.

Mushodiq, M.A. dkk. (2018). Kristalisasi Ideologi Islam Nusantara melalui Pembelajaran dan Pengadaan Kaligrafi (Studi Kasus di Taman Pendidikan Alquran Al-Mukmin Desa Banjarsari Metro Lampung). Fikri : Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, 3(1). https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/jf/article/view/281

Shao, X., dan Geraldine Purpur. (2016). Effects of Information Literacy Skills on Student Writing and Course Performance. Journal of Academic. Librarianship, 42(6): 670-78. Tersedia di: http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=lxh&AN=119652415&site=ehost-live

Winarko, B. (2007). Content, Benefits and Development of Pesantren Online in Indonesia. Malaysian Journal of Library & Information Science, 12 (2): 57–75. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=lxh&AN=31419425&site=ehost-live.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i1.4718

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.