Penanaman Nilai Karakter Islam Melalui Dongeng pada Anak TPQ An-Nazar, Bengkulu
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat tidak hanya memberikan dampak positif, namun juga dapat memberikan dampak negatif. Salah satu dampak negative dari perkembangan teknologi yaitu membuat anak-anak menjadi malas belajar. Hal ini pula yang dialami oleh anak-anak di lingkungan masyarakat kota Bengkulu, khususnya di Kelurahan Sukarami Kecamatan Selebar. Ketika anak-anak sudah ketagihan dalam menggunakan gawai, mereka menjadi malas untuk pergi mengaji sehingga berpengaruh pada perkembangan karakter mereka khususnya dalam bidang spiritual yang masih belum maksimal. Oleh karena itu, tim pengabdian masyarakat membuat program kegiatan penanaman nilai karakter islami melalui dongeng kepada anak-anak TPQ An-Nazar Kelurahan Sukarami, Kecamatan Selebar, Kota Bengkulu. Diharapkan melalui kegiatan ini, maka anak-anak dapat tertarik dan terinspirasi dengan tokoh-tokoh yang diceritakan dalam dongeng Islam yang disampaikan. Adapun metode yang digunakan adalah metode ceramah untuk menyampaikan dongengnya dan tanya jawab tentang nilai-nilai karakter yang terdapat dalam cerita. Hasil yang diperoleh adalah, peserta dapat mengenal tokoh para sahabat perempuan nabi dan mengetahui nilai-nilai karakter Islam yang terdapat dalam dongeng yang dibacakan. Selain itu, peserta dapat mencontoh dan menerapkannya secara langsung dalam kehidupan keseharian mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewi, T. U dan Sri L. H. (2019). Penanaman Nilai Karakter Melalui Permainan Outdoor Bagi Anak-Anak Usia Dini di Wilayah Rw 01 Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(1).
F. Suryandari, E. 2016. Pendidikan Karakter pada Anak Kurang Mampu Berdasarkan Spiritual, Emosional, dan Intelektual dengan Media Puzzle di TPA Manunggal Bantu. Yogyakarta: Laporan Akhir Pengabdian Masyarakat UMY.
Irsan, dkk. (2018). Pelatihan Pelaksanaan Pendidikan Karakter di Seekolah Dasar Bone-Bone 1 Kota Baubau Melalui Pembelajaran Ekstrakurikuler. Jurnal PPM, 2(1).
Rahmi, F. (2017). Pengaruh Tayangan Televisi Terhadap Perkembangan Perilaku Anak Pada Murid Kelas IV SD Negeri 47 Tompotikka Kecamatan Wara Kota Palopo. Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. UIN Alauddin: Makasar.
Retnasari, dkk. (2019). Penguatan Peran Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Pendidikan Karakter Religius. Jurnal Solma, 8(1), 32-38.
Rohani, G. A. (2015). Pengaruh Televisi (Tv) Terhadap Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak,4(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v4i2.12355
Susetyo, A.M. (2016). Pelatihan Membaca Al-Qur’an yang Baik. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks.
Yana, M. (2020). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini ( Studi Kasus di TK Elekrina Kertapati Palembang). PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2). https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.3840.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i1.4733
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.