Pemanfaatan Kelas Online Berbasis Knowledge Management pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Ungaran

Daniel Yeri Kristiyanto, Bambang Suhartono

Abstract


Knowledge Management merupakan cara mengelola informasi dan pengetahuan organisasi melalui proses berbagi, mencipta, menyimpan dan menyebarkan pengetahuan untuk meningkatkan kinerja organisasi. Informasi yang dimaksudkan adalah semua data organisasi yang bermanfaat bagi pengembangan pengetahuan organisasi, sedangkan pengetahuan yang dimaksud adalah semua informasi yang bermanfaat bagi peningkatan kinerja organisasi. Knowledge Management sangat penting digunakan dalam mengelola institusi pendidikan sebab dapat memberi manfaat pada bidang operasi dan pelayanan, dapat meningkatkan kompetensi personal, serta dapat digunakan untuk memelihara ketersediaan pengetahuan, innovasi serta pengembangan produk. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan bertujuan untuk menghasilkan beberapa hal yakni menciptakan keunggulan kompetitif melalui penerapan Knowledge Management pada institusi Sekolah Menengah Kejuruan di kota Ungaran, meningkatkan efisiensi dan efektifitas tata kelola manajemen produktivitas kerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan SMK, mengajarkan implementasi Knowledge Management berbasis online menggunakan perangkat teknologi internet melalui beberapa kelas online yang dibuat. Kelas online merupakan istilah yang mudah untuk dipelajari dan digunakan serta diimplementasikan pada aktivitas di dalam lingkungan SMK. Kelas online yang dibentuk dapat digunakan oleh berbagai pihak dalam lingkup sekolah mengelola kelompok atau departemennya masing-masing. Kegiatan pengabdian masyarakat ini melibatkan seluruh sumber daya manusia yang dimiliki oleh mitra yang berlangsung selama 2 semester.


Keywords


knowledge management; kelas online; keunggulan kompetitif; SMK

Full Text:

PDF

References


Aryotejo, G., Widiastuti, S., & Kristiyanto, D. Y. (2018). Pemanfaatan Cloud Computing sebagai Software as a Service dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Teknologi Informasi Guru dan Sistem Tata Kelola PAUD Dabin V Semarang. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 1, 633–640. http://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/download/35/35

Badar, E. F., & Seniati, A. Ni. L. (2017). Pengaruh Trust Terhadap Berbagi Pengetahuan Melalui Mediasi Komitmen Organisasi pada Dosen Perguruan Tinggi. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(1), 7–27. https://doi.org/10.23917/indigenous.v1i1.4459

Fadli, S., Haris, A. S., & Tantoni, A. (2019). Sistem Manajemen Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Web. Jurnal Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, 2(1), 28. https://doi.org/10.36595/misi.v2i1.76

Kristiyanto, D. Y., Iriani, A., Yulianto, S., & Prasetyo, J. (2018). Visualisasi dan Intepretasi Database Engine Website Penilai Kinerja Karyawan Berbasis Online Transaction Processing (OLTP). Prosiding SINTAK 2018, Mvc, 325–332.

Kristiyanto, D. Y., Suhartono, B., & Wibowo, A. (2019). Digital Forensic InnoDB Database Engine for Employee Performance Appraisal Application. E3S Web of Conferences, 125(201 9). https://doi.org/10.1051/e3sconf/201912525002

Ramadhani, G. (2015). Administrasi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. 1–5. http://githagia.blogspot.com/2015/10/administrasi-pendidik-dan-tenaga.html

Sani, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Sistem Manajemen Informasi Aparatur Desa Berbasis IT Dalam Upaya Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Pesisir. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Terapan, 1(1), 49–58.

Soeharno, S. & Anco, A. (2019). Organisasi Pembelajar dan Manajemen Pengetahuan. Shautut Tarbiyah, 25 (2), 202–220.

Syafitri, W. (2019). Pelatihan Branding Sekolah Pada Sosial Media di SMP IT Madani. Dinamisia : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(1), 158–166. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i1.2804

Yulius, H., Brian, K., & Trisno, I. B. (2019). Perancangan Sistem Informasi Kepuasan Layanan Pendidikan dengan Pendekatan Naïve Bayes Studi Kasus di Nation Star Academy. Prosiding SNST ke-10 Tahun 2019 Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim, 95–100.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i2.5655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.