Perancangan Kunci Pintu otomatis dengan Personal Identification Number (PIN) Berbasis Mikrokontroler ATMega8535 untuk Siswa SMA Negeri 2 Banyuasin I
Abstract
Telah dilaksanakan pelatihan perancangan kunci pintu otomatis dengan personal identification number (PIN) berbasis Mikrokontrler ATMega8535 pada hari sabtu, tanggal tanggal 2 november tahun 2019 yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Banyuasin I. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk menambah wawasan, minat, kreativitas dan inovasi kepada siswa dan menjadikan kegiatan pelatihan ini sebagai pemicu bagi siswa untuk berpartisipasi dalam kompetisi inovasi di bidang teknologi menggunakan mikrokontroler. Perangkat keras yang digunakan dalam pelatihan ini terdiri dari solenoid door lock, relay, keypad 3x4, LCD 16 x 2, push button switch, buzzer dan mikrokontroler ATMega8535. Perangkat lunak yang digunakan dalam pelatihan ini menggunakan Basic Compiler AVR. Pelatihan ini menghasilkan prototipe kunci pintu otomatis menggunakan PIN dan meningkatkan pemahaman siswa tentang aplikasi mikrokontroler. Peningkatan kemampuan siswa untuk menjawab pertanyaan dengan benar pada post test 45,5% dari sebelumnya hanya mampu menjawab dengan benar 21,5% pada pre test menunjukkan peningkatan pemahaman siswa tentang mikrokontroler dan aplikasinya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurahman, A., Kautsar, S., & Arifin, S. (2019). Pembuatan Perangkat Aplikasi Berbasis IoT untuk Mendukung Program Peningkatan Keterampilan Guru dan Siswa MAN 1 Jember di Era Industri 4.0. Prosiding, 3(1).
Lehman, A. S. & Sanjaya, J. (2019). Perancangan dan Pemodelan Alat Penyeduh Teh Otomatis Berbasis Mikrokontroler. In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2019 (SENTIKA 2019). Yogyakarta, 35–44.
LIPI. (2020) National Young Inventors Award (NYIA), LIPI. Available at: https://kompetisi.lipi.go.id/tentang/nyia (Accessed: 18 April 2020).
Niati, A., Soelistiyono, A., & Ariefiantoro, T. (2019). Pengembangan Kemampuan Sumber Daya Manusia melalui Pelatihan Komputer Microsoft Office Excel untuk Meningkatkan Kinerja Perangkat Desa Mranggen. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(1), 105–110.
Samad, R. et al. (2019). Robot Penggerak Dua Roda Sebagai Media Pembelajaran Robotik bagi Siswa SMA 05 Barru. JURNAL TEPAT: Applied Technology Journal for Community Engagement and Services, 2(2), 120–128.
Saputra, L. K. P. & Lukito, Y. (2016). Pelatihan Pengantar Robotika Berbasis Lego Nxt sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa SMA. In Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 328–329.
TU, S. P. & Naryatmojo, D. L. (2016). Pelatihan Presentasi Ilmiah untuk Meningkatkan Daya Saing dalam Kompetisi Ilmiah bagi Anggota Ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja di Kota Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni bagi Masyarakat), 5(1).
Yasmini, L. P. B., Rahmawati, D. O., & Budiasa, P. (2014). Pelatihan Penggunaan IC 555 untuk Meningkatkan Keterampilan Guru Fisika SMP dan SMA Pembinaan Ekstrakuliker Elektronik di Kecamatan Buleleng. In Prosiding Seminar Nasional MIPA.
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i4.5902
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.