Pelatihan Bahasa Inggris Komunikatif bagi Pramusaji Restoran di Kabupaten Badung

Denok Lestari

Abstract


Industri pariwisata yang berkembang sangat pesat di pulau Bali menuntut adanya peningkatan layanan bagi wisatawan manca negara. Salah satu kendala yang masing sering dihadapi oleh para pelaku pariwisata adalah kurangnya keterampilan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Selain hotel, restoran adalah penyedia layanan yang paling dibutuhkan oleh wisatawan. Untuk itu, para staf restoran wajib menguasai fungsi-fungsi bahasa dalam melayani para tamu. Fungsi bahasa adalah tujuan komunikasi yang ingin dicapai dalam kegiatan interaktif. Fungsi-fungsi bahasa yang digunakan di bidang tata hidangan, yaitu ‘menyapa’, ‘menanyakan’, ‘berterima kasih’, ‘mengeluh’, ‘merekomendasikan’, dan ‘menjelaskan’. Untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, pelatihan bahasa Inggris komunikatif diselenggarakan bagi pramusaji restoran yang tergabung dalam Sarong Group di kabupaten Badung. Kegiatan ini bertujuan agar peserta pelatihan memahami dan mampu menggunakan fungsi-fungsi bahasa yang mendasari tujuan berkomunikasi di restoran. Metode yang digunakan berupa ceramah dan simulasi. Materi pelatihan berfokus pada ekspresi bahasa dan latihan bermain peran sesuai prosedur pelayanan tata hidangan. Setelah sepuluh kali pertemuan, peserta pelatihan mengalami peningkatan dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Peserta terlihat lebih percaya diri dan mampu menggunakan ekspresi bahasa yang tepat dalam merespon atau memberikan informasi umum pada tamu di restoran.


Keywords


Bahasa Inggris; fungsi bahasa; komunikasi; restoran

Full Text:

PDF

References


Andy, A., Rusfandi, R., & Muzammil, L. (2018). Pelatihan Berbahasa Inggris Dengan Drilling Dan Repetition Bagi Karang Taruna Desa Jedong. Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 42–48. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v1i2.42-48

Astuti, D. S., Putra, M. I. R., Wiyanti, S., Rodhi, R., & Sari, D. S. (2020). Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Melalui Permainan Scrabble. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 180–189. https://doi.org/10.31571/gervasi.v3i2.1338

Kamlasi, I., & Salu, M. L. (2019). Workshop tentang Master of Ceremony (MC) bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FIP Universitas Timor. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 6. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.3134

Lestari, D., Suastra, IM., Pastika, IW., Sedeng, I. (2017). e-Journal of Linguistics. E-Journal of Linguistics, 11(1), 70–79. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/eJL.2017.v11.i01.p05

Lestari, D. (2015). Developing Communicative Competence of The Students at The Bali Hotel School by Implementing Instructional Role Play. Journal of Business on Hospitality and Tourism, 1(1), 10. https://doi.org/10.22334/jbhost.v1i1.31

Lestari, D. (2019). Persuasive Function in Food and Beverage Service: A Sociolinguistics Approach. 353(IcoSIHESS), 22–28. https://doi.org/10.2991/icosihess-19.2019.4

Manurung, I.D., Tuss’adiah, H. (2017). Peningkatan kemampuan berbahasa inggris pada remaja usia produktif di kecamatan beringin kabupaten deli serdang. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(2), 36–46. Retrieved from http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/prodikmas/article/viewFile/1259/1254

Semara, I. M. T., & Lestari, D. (2021). Pengaruh Terpaan Informasi Pandemi Covid-19 Terhadap Loyalitas Wisatawan Berwisata Dengan Minat Berkunjung Sebagai Variabel Mediasi. 9(2), 258–268.

Setyowati, L. (2018). Pemanfaatan Teknologi Aplikasi Berbasis Android sebagai Media Belajar dan Ajar Vocabulary untuk Guru Bimbel MIPA dan Bahasa Inggris pada Sakinah Courses Jatimulya-Bekasi. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(2), 248. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v9i2.2891

Setyowati, L. (2019). Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Mahasiswa Universitas Satya Negara Indonesia melalui Pembelajaran IELTS dan TOEIC dengan Teknologi Aplikasi Android. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 126. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.3560

Simorangkir, I. M., & Passandaran, Y. M. (2017). Penggunaan Audio-Lingual Method dalam Pelatihan Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar. E-DIMAS, 8(2), 174. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v8i2.1430

Sudipa, I. N., Brata, F. I. M., Rajeg, I. M., Laksminy, L. P., & Rahayuni, N. K. S. (2010). Pelatihan bahasa inggris komunikatif bagi kelompok sadar wisata di desa Carang Sari Badung Utara. Udayana Mengabdi, 9(2), 75–78. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/2073/1263

Syahfutra, W., & Niah, S. (2017). Menguasai Speaking Skill Bahasa Inggris dengan Konsep English Day bagi Guru dan Karyawan di SMA Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 1(2), 48–53. https://doi.org/10.37859/jpumri.v1i2.233




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i1.6043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.