Pembentukan Kelompok Usaha Bersama (KUB) dan Peningkatan UKM Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang

Djoko Santoso, Indarto Indarto, Sri Haryati

Abstract


Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dengan sasaran masyarakat pengusaha UKM di Kampung Tematik tempe Kelurahan Sambirejo – Kecamatan Gayamsari Kota Semarang, Kegiatan ini merupak permintaan dari para pengusaha kecil di Kelurahan Sambirejo, yang seharusnya yang hadirkan sebanyak 25 pengusaha kecil, namun karena kondisi adanya pandemi Covid 19, maka kegiatannya hanya dilakukan bagi pengusaha kecil yang benar benar berminat dan mau mengembangkan usaha, maka dipilih hanya 4 orang pengusaha kecil kuliner dan pelaksanaan di Ruang Laboratorium Pangan FTP USM. Materi sosialisasi yang diberikan kepada pengusaha kecil berupa pentingnya pembentukan Kelompok Usaha Bersama bagi para pengusaha kecil dan sosialisasi pemasaran produk kuliner. Sedangkan pelatihan membuat diversikan produk dari bahan utama tempe yaitu membuat nugget tempe dan wedang tempe. Salah satu tolok ukur keberhasilan kegiatan pengabdian masyarakat itu, adalah munculnya minat para penguaha ingin membentuk Kelompok Usaha Bersama dengan dibuktikan dari pertanyaan-pertanyaan keinginan memiliki kelompok usaha bersama. Sedangkan tolak ukur sosialisasi pemasaran produk kuliner adalah adanya keinginan dari kelompok sasaran mengajukan banyak pertanyaan mengenai pemasaran. Pelatihan dan praktek memproduksi makanan nugget dan minuman wedang tempe, para peserta pelatihan antusias sekali mencoba mempraktekkan dengan dipandu oleh tim, dilakukan dengan sangat antusias. Hasil pengabdian kepada masyarakat,para peserta pelatihan lebih memahami dan mengetahui pentingnya Kelompok Usaha Bersama dalam upaya meningkatkan usahanya serta lebih memahami beberapa cara pemasaran produk kuliner dalam kondisi persaingan yang semakin kuat diantara para pengusaha,serta hasil pelatihan membuat Nugget Tempe dan Wedang Tempe akan dikembangkan dengan semakin bervariasi.


Keywords


kelompok usaha bersama (KUB), diversifikasi produk tempe, teknik pemasaran

Full Text:

PDF

References


Martisari, P. (2008). Peran Ibu Rumah Tangga dalam Usaha Industri Kecil Semarang: Unnes.

Rahmana, A. (2009). Peran Teknologi Informasi dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Yogyakarta: BPFE UGM.

Suharto, E. (2006). Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT. Refika Aditama.

Wahid, A. (2010). Buku Pintar Berwirausaha. Jakarta: Agro Media.




DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i2.6348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Visitor Statistics View My Stats

Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:

          

Creative Commons License

E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.