Pelatihan Menulis Esai Pengalaman Mengajar di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Guru SD Inpres Naikoten 1 Kupang telah memiliki sejumlah pengalaman mengajar selama era Covid-19, pengalaman ini penting untuk mereka difusikan agar menjadi stimulan yang baik kepada orang lain dalam menelaah bagaimana mengajar dari era pandemi sekaligus menguatkan komitmen pengabdian mereka dalam dunia pendidikan. Namun demikian, kendalanya mereka belum memiliki informasi dan keterampilan untuk menuliskan pengalaman tersebut dalam bentuk esai dan didifusikan. Pengabdian ini bertujuan untuk membantu peserta untuk mampu memahami, berkomitmen, dan terampil menulis esai sekaligus mempublikasikannya dalam bentuk buku ber-ISBN dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, latihan, dan penugasan. Hasilnya dari 17 peserta, 16 peserta (94,11%) mampu menulis esai dan berhasil menjadikan buku ber-ISBN yang berjudul Mendulang Emas di Masa Pandemi Covid-19: Kumpulan Esai Guru Sekolah Ramah Anak SD Inpres Naikoten 1 Kupang. Seluruh kegiatan pengabdian, baik pelaksanaan dan serah terima buku telah dimuat dalam koran Pos Kupang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Blegur, J., Wasak, M. R. P., dan Manu, L. (2017). Penilaian Formatif Peserta Didik atas Kompetensi Pendidik dalam Proses Pembelajaran. Satya Widya, 33(2), 117-127. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p117-127
Lubis, S. S. W. (2017). Keterampilan Menulis Esai dalam Pembentikan Berpikir Kritis Mahasiswa Prodi PGMI UIN AR-Raniry Banda Aceh. Pionir: Jurnal Pendidikan, 6(2), 1–17. http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v6i2.3338
Maryam, S. (2004). Pengembangan Kreativitas Berbahasa dalam Menulis Esai. Educationist, 1(2), 103–115. Available at http://ejournal.sps.upi.edu/index.php/educationist/article/view/58
Nofiyanti, Sukawati, S., dan Zaenab, A. S. (2018). Penerapan Strategi Permainan Catalisting yang Berorientasi pada Kecerdasan Linguistik (PC-KL) dalam Pembelajaran Menulis Esai. Dieksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 24–36. http://dx.doi.org/10.33603/deiksis.v5i1.733
Oktoma, E. dan Amalia, D. R. (2018). Strategi Menulis yang digunakan oleh Mahasiswa dalam Esai Argumentatif. FON; Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(1), 39–52. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v12i1.1519
Refnaldi. (2017). Pengaruh Penggunaan Materi Ajar Menulis Esai dalam Bahasa Inggris Berbasis Pendekatan Proses-Genre terhadap Peningkatan Kemampuan Mahasiswa di dalam Menulis Esai Berbahasa Inggris. Parameter: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 26(1), 1–15. https://doi.org/10.21009/parameter.261.01
Tlonaen, Z. A. (2020). Grammatical Error Found in the Academic Essays Written by Students of English Education. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1), 15–30. https://doi.org/10.31849/lectura.v11i1.3635
DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i1.7233
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
Jurnal E-Dimas telah terindeks pada:
E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas.