Utilization of the Wondering, Exploring, and Explaining (WEE) Learning Model Assisted by GeoGebra to improve Understanding of Mathematical Concepts
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Adhiska, D. P., Fathurrohman, M., & Khaerunnisa, E. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik pada Materi Aljabar. Wilangan. Vol 1(1): 64–75.
Ananda, R. P., Sanapiah, S., & Yulianti, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMPN 7 Mataram dalam Menyelesaikan Soal Garis dan Sudut. Media Pendidikan Matematika. Vol 6(2): 79-87. https://doi.org/10.33394/mpm.v6i2.1838
Arfany, F. P., & Faradiba, S. S. (2022). Karakterisasi Kesalahan Konsep Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Relasi dan Fungsi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 6(3): 3044–3058. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1780
Augustine, S. H., Hartono, Y., & Indaryanti, I. (2020). Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP dalam Materi Garis dan Sudut Melalui Pendekatan Reciprocal Teaching. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 2(2): 1–13. https://doi.org/10.36706/jls.v2i2.12167
Cahani, K., Effendi, K. N. S., & Munandar, D. R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Ditinjau dari Konsentrasi Belajar pada Materi Statistika Dasar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). Vol 4(1): 215–224. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.215-224
Creswell, W. J. (2012). Educational Research (K. Mason (ed.); 4th ed.). Library Of Congress Cataloging.
Desniarti, D., & Ramadhani, R. (2019). Pengaruh Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep pada Matakuliah Geometri Analitik Bidang. Jurnal Penelitian Pendidikan Mipa. Vol 4(1): 237–246. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v4i1.276
Fitri, F. D. (2022). Analisis Pendapat Siswa terhadap Pembelajaran Contextual Teaching and Learning ( Ctl ) Berbantuan Geogebra pada Materi Garis dan Sudut. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). Vol 5(3): 731–740. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.731-740
Iqoh, U., Rinaldi, A., & Putra, R. W. Y. (2021). Model Pembelajaran WEE Ditinjau dari Curiosity: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika). Vol 6(2): 267-278. https://doi.org/10.30998/jkpm.v6i2.9970
Kartika, Y. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai. Vol 2(2): 777–785.
Khaulah, S., & Novianti, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Berbasis E-Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI. Vol 3(2): 61–68. https://doi.org/10.32505/v3i2.1366
Lestari, S. E. C. A., Hariyani, S., & Rahayu, N. (2018). Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Pi: Mathematics Education Journal. Vol 1(3): 116–126. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i3.2785
Lestiana, I., Aed, M., Hadi, W. P., & Rosidi, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Wondering Exploring Explaining (WEE) Science pada Materi Struktur Bumi dan Dinamikanya. Konstruktivis. Vol 10(1): 113–129. https://doi.org/10.30957/konstruk.v10i1.459
Maf’ulah, S., Wulandari, S., Jauhariyah, L., & Ngateno, N. (2021). Pembelajaran Matematika dengan Media Software GeoGebra Materi Dimensi Tiga. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 10(3): 449–460. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.1021
Novri, U. S., Zulfah, Z., & Astuti, A. (2018). Pengaruh Strategi React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Bangkinang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 2(2): 81–90. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.52
Nurfadilah, U., & Suhendar, U. (2018). Pengaruh Penggunaan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Topik Garis dan Sudut. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. Vol 3(2), 99–107.
Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel ( SPLDV ). Vol 4(1): 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897
Sepriani, R. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Garis Dan Sudut. Maju. Vol 8(1): 291–298.
Sitepu, M. S., Sitepu, J. M., & Pratiwi, D. (2021). Penerapan Metode Talking Stick Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 1 Ngambakrejo Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Seminar Nasional Teknologi Edukasi dan Humaniora 2012. Ke-1: 410–413. https://ceredindonesia.or.id/index.php/sintesa/article/view/337
Suciati, I., Mailili, W. H., & Hajerina, H. (2022). Implementasi Geogebra terhadap Kemampuan Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran: A Systematic Literature Review. Teorema: Teori Dan Riset Matematika. Vol 7(1): 27-42. https://doi.org/10.25157/teorema.v7i1.5972
Sugiarni, R., Septian, A., Juandi, D., & Julaeha, S. (2021). Studi Penelitian Tindakan Kelas: Bagaimana Meningkatkan Pemahaman Matematis pada Siswa?. Journal of Instructional Mathematics. Vol 2(1): 21–35. https://doi.org/10.37640/jim.v2i1.905
Wahyuni, T., Komarudin, K., & Anggoro, B. S. (2019). Pemahaman Konsep Matematis Melalui Model WEE dengan Strategi QSH Ditinjau dari Self Regulation. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Vol 8(1): 65–72. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1724
DOI: https://doi.org/10.26877/ijre.v4i1.15902
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Dafa Atrian Syabrina, Surya Sari Faradiba, Yayan Eryk Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
International Journal of Research in Education (IJRE) by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.