Studi Komparasi Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament dan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions

Miranda Novitasari, Sudargo Sudargo, Sugiyanti Sugiyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran TGT, model pembelajaran STAD dan pembelajaran konvensional. Desain eksperimen dalam penelitian ini adalah post-test only control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP PGRI 01 Semarang. Melalui teknik Cluster Random Sampling diperoleh di kelas VIII A sebagai kelas eksprimen 1, VIII B sebagai kelas eksperimen 2, dan VIII C sebagai kelas konvensional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran TGT dan model pembelajaran STAD dan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji anava dan uji Scheffe’. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran TGT, model pembelajaran STAD, dan model pembelajaran konvensional. Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD. Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran TGT lebih baik daripada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran STAD tidak lebih baik dari hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional.

Keywords


Studi Komparasi; TGT; STAD; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Aisah, Siti. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Stad (Student Teams Achievement Division) dan Tgt (Teams Games Tournament) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa. Semarang: Universitas PGRI Semarang.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, Rina dkk. 2012. Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Metode Eksperimen Bebas Termodifikasi dan Eksperimen Terbimbing Ditinjau dari Sikap Ilmiah dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri, 1(1): 51-59.

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Budiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Candiasa, I Made dkk. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerik Siswa Kelas IV SD. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar, 3.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Dirman, dkk. 2014. Penilaian dan Evaluasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Erlinda, Nelfi. 2017. Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Tipe Team Game Tournament pada Mata Pelajaran Fisika Kela X Di SMK Dharma Bakti Lubuk Alung. Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2.

Hamdani.2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamdayama, Jumanta. 2015. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Irwanti, Febriana. 2017. Efektivitas Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia ISBN: 978-602-6258-07-6.

Nugroho, Dian Riski., Abdul Rachman S. T. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (Teams Games Tournament) TGT Terhadap Motivasi Siswa Mengikuti Pembelajaran Bola Voli di Kelas X SMAN 1 Panggul Kabupaten Trenggalek. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 1(1): 161-165.

Putra, Fredi Ganda. 2015. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Software Cabri 3d di Tinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2): 143-153.

Rahman, Arief Aulia., Hotmaria Menanti S. 2015. Perbandingan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Dengan Team Game Tournament (Tgt) Di SD Islam Khalifah Annizam. Jurnal Bina Gogik, 2(1).

Rasyid, Abdur. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Tgt Terhadap Kemampuan Soft Skill Pada Materi Pokok Lingkungan Hidup Di SMPN 4 Kota Cirebon. Jurnal Bio Educatio, 3(2): 86-91,

Rosa, Friska O. 2015. Analisis Kemampuan Siswa Kelas X pada Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 1(2): 24-28.

Slameto. 2010. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, E Robert. 2016. Cooperative Learning (Teori, Riset dan Praktik). Bandung: Nusa Media.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito.

Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriyanto, Bambang. 2014. Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 02 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 3(2): 165-174.

Suroyo, Bijak Adhi., Sasminta Christina Yuli Hartati. 2014. Pengaruh penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Hasil Belajar Shooting Sepakbola. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 2(1): 56-60.

Sutrisno, Mardiyana, & Usodo, B. 2013. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TPS dengan Pendekatan SAVI terhadap Prestasi dan Motivasi Belajar Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(7): 661-671.

Wahyudi., Suci Rohayati. 2019. Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievment Division) Dan Tgt (Team Game Turnament) Pada Materi Utang Lancar Siswa Kelas Xi Akuntansi SMKN 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7(1): 2019.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.