Desain Pembelajaran Luas Lingkaran dengan Konteks Explore Dapur Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) di Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP)

Asep Budiyono, Widya Kusumaningsih, Irkham Ulil Albab

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Hypothetical Learning Trajectory(HLT)dalam membantu siswa dalam memahami konsep luas lingkaran serta mengetahui strategi yang digunakan oleh siswa terhadap Hypothetical Learning Trajectory(HLT) yang diberikan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Petarukan, Kabupaten Pemalang. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII, dengan melalui 2 tahap yaitu pilot experiment melibatkan 6 siswa dari kelas VIII C dan dilanjutkan teaching experiment yang melibatkan 30 siswa dari kelas VIII B. Penelitian ini menggunakan metode design research yang didalamnya terdapat HLT yang memegang peranan sangat penting sebagai desain dan instrumen penelitian. Pembelajaran dalam penelitian ini menggunakan konteks peralatan dapur yaitu gelas, piring dan mangkuk sesuai dengan karakteristik dari RME. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Hypothetical Learning Trajectory (HLT) dapatmembantu siswa 1) membuat potongan juring lingkaran dan mengubahnya menjadi sebuah bangun datar baru yaitu trapesium, 2) menemukan sendiri konsep luas lingkaran dengan pendekatan trapesium, 3) menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan konsep luas lingkaran. Adapun strategi yang digunakan siswa yaitu 1)mensketsakan permukaan perlatan dapur berupa lingkaran, 2) membandingan keliling dan diameter lingkaran untuk memperoleh nilai phi, 3)menyusun juring menjadi trapesium dan memformulasikan konsep luas lingkaran, 4) menerapkan konsep luas lingkaran.

Keywords


Konsep Luas Lingkaran; RME; Peralatan Dapur; HLT

Full Text:

PDF

References


Afryany, L., & Masrukan, M. (2015). Pembelajaran Dsci Dengan Asesmen Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII Materi Lingkaran. Unnes Journal Of Mathematics Education, 4(1).

Ahmad, M., Siregar, Y. P., & Siregar, N. A. (2018, July). The Effectiveness of Realistic Mathematics Learning Model Based on Mandailing Culture in Teaching of Students’ Mathematical Problem Solving Ability. In 2nd International Conference on Mathematics and Mathematics Education 2018 (ICM2E 2018). Atlantis Press.

Anggoro, B.A. (2018). Desain Pembelajaran Teorema Pythagoras Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Menggunakan Konteks Kerajinan Kristik. Skripsi. Universitas PGRI Semarang. Tidak diterbitkan.

Azizah, D. (2017). Penerapan Pendekatan Struktural Metode Think Pair Share (TPS) Pada Materi Lingkaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 188-193.

Dewi, S. (2017). Analisis Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Tipe Visual Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) Di Kelas VIII SMP N 2 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 13(4), 24-30.

Gitriani, R., Aisah, S., Hendriana, H., & Herdiman, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 3(1), 40-48.

Haqq, A. A., Nasihah, D., & Muchyidin, A. (2018). Desain Didaktis Materi Lingkaran Pada Madrasah Tsanawiyah. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 7(1).

Habsah, F. (2017). Developing teaching material based on realistic mathematics andoriented to the mathematical reasoning and mathematical communication. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 43-55.

Hernawati, F. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan PMRI Berorientasi Pada Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 34-44.

Hidayati, B., & Suparman, S. (2018). Development of Student Worksheets Based on RME to Improve Creative Thinking of Grade VII Middle School Students in Indonesia. The International Summit on Science Technology and Humanity, 154-164.

Hirza, B., Kusumah, Y. S., Darhim, D., & Zulkardi, Z. (2014). Improving intuition skills with realistic mathematics education. Journal on Mathematics Education, 5(1), 27-34.

Ilma, R. (2012). Pendisainan hypotetical learning trajectory (HLT) cerita Malin Kundang pada pembelajaran matematika. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 1, p. P76). UNY.

Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2018). How Does Realistic Mathematics Education (RME) Improve Students’ Mathematics Cognitive Achievement. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569-578.

Menanti, H., & Sinaga, B. (2018, December). Improve Mathematical Connections Skills with Realistic Mathematics Education Based Learning. In 3rd Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2018). Atlantis Press.

Mufidah, A.M. (2018). Desain Pembelajaran Aturan Sinus Berbasis PMRI (Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. SKRIPSI. Universitas PGRI Semarang. Tidak diterbitkan.

Negeri, G. S. (2016). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dan Problem Posing Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi. Jurnal Handayani Vol, 5, 2.

Novikasari, I. (2007). Realistic Mathematics Education (RME): Pendekatan Pendidikan Matematika Dalam Konsep Dan Realitas. Jurnal Pemikiran Alternatif Pendidikan Insania, 12(1), 93-106.

Nurdiansyah, N., & Prahmana, R. C. I. (2017). Pembelajaran Keliling Lingkaran Menggunakan Konteks Gelas. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 128-140.

Prahmana, R. C. I., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2012). Learning Multiplication Using Indonesian Traditional Game In Third Grade. Journal On Mathematics Education, 3(2), 115-132.

Ruswanto, R., Dwijanto, D., & Widowati, W. (2018). a Realistic Mathematics Education Model Includes Characteristic to Improve the Skill of Communication Mathematic. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 7(1), 94-101.

Sari, W. R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang Di SMP Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 109-121.

Shanty, N. O., Hartono, Y., Puri, I., Ilma, R., & Haan, D. D. (2011). Design research on mathematics education: investigating the progress of Indonesian fifth grade students’ learning on multiplication of fractions with natural numbers. IndoMS. JME, 2(2), 147-162.

Trisnawati, T., Pratiwi, R., & Waziana, W. (2018). The effect of realistic mathematics education on student's mathematical communication ability. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 1(1), 31-35.

Ula, N. H., & Sa’dijah, C. (2013). Pengembangan LKS Matematika Menggunakan Strategi Pemecahan Masalah Polya Materi Keliling dan Luas Lingkaran Kelas VIII Semester II SMP. SKRIPSI Jurusan Matematika.

Van den Heuvel-Panhuizen, M., & Drijvers, P. (2014). Realistic mathematics education. Encyclopedia of mathematics education, 521-525.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik: Suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zakaria, E., & Syamaun, M. (2017). The Effect of Realistic Mathematics Education Approach on Students’ Achievement And Attitudes Towards Mathematics. Mathematics Education Trends and Research, 2017(1), 32-40.




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.