Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pendekatan PMRI untuk Mengatasi Miskonsepsi Matematis Siswa

Imam Wahyudi, Lilik Ariyanto, Irkham Ulil Albab

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasispendekatan PMRI untuk mengatasi miskonsepsi matematis siswa. Rata-rata penilaian uji validasi materi diperoleh 81,8%(sangat baik), rata-rata penilaian uji validasi ahli media pembelajaran diperoleh 85,3%(sangat baik)dan rata-rata angket kepraktisan media diperoleh 88,3%. Dilakukan uji keefektifan dengan posttest. Dari analisis nilai posttest dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasispendekatan PMRI untuk mengatasi miskonsepsi matematis siswayang dikembangkan valid, praktisdan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel kelas VIII.

Keywords


Media Pembelajaran; Adobe Flash Professional CS6; Pendidikan Matematika Realistik Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Arif, D. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Etnomatematika Berbantu Macromedia Flash. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 89-100.

Ariyanto, L. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Anchored Instruction Materi Luas Kubus dan Balok Kelas VIII. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika AKSIOMA volume 2(2).

Bukova-Güzel, E., & Cantürk-Günhan, B. (2010). Prospective mathematics teachers’ views about using flash animations in mathematics lessons. International Journal of Human and Social Sciences, 5(3), 154-159.

De Lange, J. (1996). Using and Applying Mathematics In Education. International Handbook of Mathematics Education .

Dewi, R. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis PMRI. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif.

Egodawatte, G. (2011). Secondary school students’ misconceptions in algebra. Unpublished Ph. D. Thesis, University of Toronto, Canada. Retrieved from https://tspace. library. utoronto. ca/bitstream/1807/29712/1/EgodawatteArachchigeDon_Gunawardena_201106_PhD_thesis. pdf. pdf.

Ertekin, E. (2017). Predicting Eight Grade Students’ Equation Solving Performances via Concepts of Variable and Equality. Journal of Education and Practice.

Gravemeijer, K., & Doorman, M. (1999). Context problem in realistic mathematics education: A calculus course as an exampel. Education studies in mathematics, 39(1-3), 111-129.

Hadi, S. (2002). Effective teacher professional development for the implementation of realistic mathematics education in indonesia. University of Twente [Host].

Hasibuan, I. (2015). Hasil Belajar Siswa pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Peluang, 4(1).

Hernawati, F. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan PMRI berorientasi pada kemampuan representasi matematis. Jurnal Riset pendidikan Matematika, 3(1),34-44.

Herutomo, R. (2017). Miskonsepsi aljabar: konteks pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII SMP. Journal of Basication: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 1-8.

Herutomo, R. A. (2014). Analisis kesalahan dan miskonsepsi siswa kelas VIII pada materi aljabar. Edusentris, 1(2), 134-145.

Khuluq, M. H. (2015). Developing students’ understanding of Linear equations with one variable. Activities (Doctoral dissertation, Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Latuheru, J. D. (1998). Media pembelajaran dalam proses belajar mengajar masa kini. Jakarta: Depdikbud.

Leone, S., & Leo, T. (2011). The Synergy of Paper-Based and Digital Material for Ubiquitous Foreign Language Learners. Knowledge Management & E-Learning: An International Journal, 3(3), 319-341.

Lucariello, J. (2014). A formative assessment of students’ algebraic variablemis conceptions. Journal of Mathematical Behavior 33 (2014) 30– 41.

Nursyahidah, F. S. (2018). Supporting second grade lower secondary school students' understanding of linear equation system in two variables using ethnomathematics. Journal of Physics: Conference Series (Vol. 983, No. 1, p. 012119).

Pratami, R. K. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantu Adobe Flash Melalui Etnomatematika Pada Rumah Adat Lampung. NUMERICAL: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 125-138.

Ronaldo, N. (2011). Pengaruh pembelajaran matematika menggunakan media CAI (Computer-Asssited Insruction) dengan tipe tutorial terhadap hasil belajar matematika siswa.

Salim, K., & Tiawa, D. H. (2015). The Student's Perceptions of Learning Mathematics Using Flash Animation Secondary School in Indonesia. Journal of Education and Practice, 6(34), 76-80.

Saputro, B. A. (2015). Media Pembelajaran Geometri Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis GeoGebra. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif.

Script, I. (2008). Panduan Mudah Membuat Animasi (Plus CD). Jakarta: Media Kita.

Sembiring, R. H. (2008). Reforming mathematics learning in indonesian classroms through RME. ZDM, 40(6), 927-939.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinatata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Surya, E. (2013). Analisis Pemetaan dan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SMA di Kabupaten Tapteng dan Kota Sibolga Sumatera Utara. Jurnal Paradikma, 6(1), 75-88.

Utama, N. P. (2012). Penggunaan Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Dimensi Tiga. Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 51-59.

Zulkardi, Z. (2002). Developing a learning environment on realistic mathematics education for indonesian student teachers. (Doctoral dissertation, University of Twente, Enshede).




DOI: https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4457

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Barcode ISSN Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika telah terindeks pada:

      

Creative Commons License

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika by Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/imajiner.