PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA KELAS DARING MATERI LISTRIK STATIS BAGI SISWA KELAS IX
Abstract
Masa pandemi covid 19 menjadikan guru terus berinovasi dan kreatif dalam membuat media ajar yang menarik bagi anak didiknya. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi kejenuhan siswa dalam pembelajaran secara daring sebagai kebijakan yang ditempuh pemerintah melalui dinas pendidikan dan dinas terkait lainya.Media pembelajaran yang kekinian dan menarik bagi siswa menjadi salah satu upaya dari guru dalam rangka menjadikan pembelajaran daring lebih efektif selama proses pembelajaran.
Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Gunungwungkal pada tahun ajaran 2020/2021. Model pengembangan aplikasi yang digunakan adalah waterfall. Untuk menguji kelayakan aplikasi media pembelajaran listrik statis yang telah dihasilkan dilakukan pengujian kelayakan dan efektivitas oleh pihak validator yang terdiri dari ahli media, ahli materi, dan respon pengguna yang dilakukan oleh siswa kelas IX. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan pengisian angket penilaian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi media pemebelaran listrik statis yang dihasilkan dapat dikatakan sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran daring. Hal ini diketahui melalui perhitungan persentase kelayakan sebesar 87,26% dan persentase efektivitas sebesar 80% sehingga aplikasi media pembelajaran yang dihasilkan dapat dikategorikan sangat layak dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan kriteria kelayakan dan efektivitas yang telah ditentukan.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dr. H. Salim, M. P. (2019). Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis. Kencana. https://books.google.co.id/books?id=2fq1DwAAQBAJ
Ernawati, I. (2017). Uji Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Administrasi Server. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(2), 204–210. https://doi.org/10.21831/elinvo.v2i2.17315
Hadiprakoso, R. B. (2020). Rekayasa Perangkat Lunak. RBH. https://books.google.co.id/books?id=xY7%5C_DwAAQBAJ
Indra Rianto, S. K. M. T. (2021). REKAYASA PERANGKAT LUNAK. Penerbit Lakeisha. https://books.google.co.id/books?id=E2wYEAAAQBAJ
Sabtu, Rukun, K., Sukardi, Putri Permatasari, R. D., & Hayadi, B. H. (2019). Development of Digital Information Management Learning Media Based on Adobe Flash in Grade X of Digital Simulation Subject. Journal of Physics: Conference Series, 1363(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1363/1/012066
Sanubari, T., Prianto, C., & Riza, N. (2020). Odol (one desa one product unggulan online) penerapan metode Naive Bayes pada pengembangan aplikasi e-commerce menggunakan Codeigniter. Kreatif. https://books.google.co.id/books?id=s4j%5C_DwAAQBAJ
Setiawan, A., Handojo, A., & Hadi, R. (2017). Indonesian culture learning application based on android. International Journal of Electrical and Computer Engineering, 7(1), 526–535. https://doi.org/10.11591/ijece.v7i1.pp526-535
Uriawan, W., & Hidayat, H. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Ilmu Sharaf Dalam Tata Bahasa Arab Berbasis Android. Istek, X No 2(2), 107–122.
Witt, C. De, & Gloerfeld, C. (2018). Mobile Learning and Higher Education Range of technological Solutions. The Digital Turn in Higher Education, 61–79.
DOI: https://doi.org/10.26877/jipetik.v2i1.9389
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JIPETIK (Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi dan Komputer) Indexed and Include Database on :
Copyright of JIPETIK ISSN 2722-953X (online)