PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS WEB (E-LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI DI SMA NEGERI 9 PALEMBANG

Kiki Aryaningrum

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah Pengaruh Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning)Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI di SMA Negeri 9 Palembang. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahuiPengaruh Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning)Terhadap Hasil Belajar penelitian yang digunakan metode Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Palembang yang berjumlah 150 siswa, sedangkan sampel yang diambil menggunakan teknikcluster random sampling dan didapat yaitu kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen berjumlah 38 siswa dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 siswa. Variabel dalam penelitian ini yaitu Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning)sebagai variabel (X) dan Hasil Belajar sebagai variabel (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas data, uji homogenitas data dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil tes pada kelas eksperimen yaitu nilai tertinggi 95 dan yang terendah yaitu 50, rata-rata nilai kelas ekperimen yaitu 76,44 sedangankan nilai kelas kontrol yang tertinggi yaitu 80 dan yang terendah 40, nilai rata-rata kelas kontrol 59,62, hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan ada Pengaruh Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning)Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI di SMA Negeri 9 Palembang. Yang ditunjukan melalui koefisien rxy = 0,60 dan koefisien determinasi r2 = 0,36%dengan kata lainbahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh Pembelajaran berbasis web (e-learning) sebesar 36% dan sisanya 64% dipengaruhi faktor lainnya. Selanjutnya dari hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh hasil dari pengujian uji statistik thitung sebesar 6,532danttabel 1,689 karena thitunglebih besar dari pada ttabel maka Ha diterima.
Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning), Hasil Belajar, Geografi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v10i2.1517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:

  

         

Creative Commons License

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.