Analisis Kompetensi Profesional Guru dalam Pemanfaatan TIK di Sekolah Dasar

Ratu Asmaarobiyah, Tatu Hilaliyah

Abstract


Education is an effort that is planned to improve the quality of human resources so that they can compete. Teachers, as professional educators, have a very crucial role in achieving national education goals. This study aims to find out the extent of teachers' readiness to face these changes and how efforts to improve teacher competence can be carried out. This study uses a qualitative approach with a descriptive approach. Data collection instruments are in the form of observations, interviews and questionnaires. The data analysis procedures in this study are data reduction, data presentation, and conclusion drawn. The research site is SD Negeri Larangan, Jl. Waringin Kurung, Kampung Larangan, Harjatani Village, Kramatwatu District, Serang Regency, Banten Province. The determination of the sample of this study was using a simple random sampling technique. The results of the study show that most teachers use ICT devices in teaching and learning activities and master both in the management of administration and teaching materials, ICT applications applied in learning such as canva, educational games, whatsapp, youtube, learning houses, google classrooms, Kahoot, and even AI as well as strategic efforts in improving teachers' professional competence in the use of ICT.


Keywords


teacher professional competence; ICT; primary school

Full Text:

PDF

References


Aini, D. F. N., & Nuro, F. R. M. (2023). Analisis Kompetensi Literasi Digital Guru sebagai Pendukung Keterampilan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4744

Amalia, G., & Sholeha, L. K. (2022). Analisis Kompetensi TIK Guru di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi (Studi Kasus Pada SDN Cangkuang 01). Prosiding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen Dan Akuntansi), 4. https://doi.org/10.55916/frima.v0i4.404

Amilia, W. (2022). Peran Guru dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Dasar Kota Sawahlunto. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1). https://doi.org/10.24036/jippsd.v6i1.115753

Anggraeny, D., Nurlaili, D. A., & Mufidah, R. A. (2020). Analisis Teknologi Pembelajaran dalam Pendidikan Sekolah Dasar. FONDATIA, 4(1). https://doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.467

BANDERA, A. (2021). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MENERAPKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK. MANAJERIAL : Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.51878/manajerial.v1i1.268

Bandung, Y., Langi, A. Z. R., Hutabarat, M. T., & Liliasari. (2012). Pemanfaatan TIK untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar di pedesaan. E-Indonesia Initiatives, 2012(1).

Batubara, D. S. (2018). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru SD/MI (Potret, Faktor-faktor, dan Upaya Meningkatkannya). Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1).

Caswita, C. (2020). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Menerapkan TIK Dalam Proses Pembelajaran Melalui in House Training. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1). https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2342

Indrawan, D., & Marvida, T. (2023). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pemanfaatan Model Pembelajaran Simulasi Berbasis TIK. Educative: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.37985/educative.v1i1.6

Iskandar, D., & Anriani, N. (2023). Kajian Dampak Sertifikasi Guru dan Pengajaran Berbasis Teknologi Informasi terhadap Kompetensi Guru: Literatur Review. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1662

Kuncahyono, & Kumalasani, M. P. (2020). Digital Skill Guru Melalui E -Modul Sebagai Inovasi Bahan ajar di Era Disrupsi 4.0. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1).

Kurniawati, R. P., Hadi, F. R., & Rulviana, V. (2022). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU SEKOLAH DASAR MELALUI WORKSHOP PEMBELAJARAN TIK DI KECAMATAN KARTOHARJO. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 5(1). https://doi.org/10.36085/jpmbr.v5i1.1842

Nurdin, N., & Intan, I. (2022). PEMBUATAN WEBSITE PERSONAL GURU SEBAGAI PENDUKUNG LEARNING MANAGEMENT SYSTEM UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3). https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8420

Radeswandri, Berlian, M., Thahir, M., & Vebrianto, R. (2022). Evaluasi pelaksanaan bimbingan teknis pemanfaatan teknologi informasi pada guru-guru sekolah dasar. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1).

Suwardi, S. (2020). Meningkatkan Kompetensi Guru SDN 1 Landasan Ulin Utara Dalam Penggunaan Media TIK Berbasis Android Melalui Tutor Sebaya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1). https://doi.org/10.33084/tunas.v6i1.1517

Suyatno, S. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis TIK di MIN 3 Batang Hari. Jurnal Syntax Fusion, 2(12). https://doi.org/10.54543/fusion.v2i12.236

Syahid, A. A., Hernawan, A. H., & Dewi, L. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2909

Wiratmaja, C. G. A. (2022). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan KomunikasI (TIK) DI SMA Negeri 7 …. Widyadari.

Wuryandari, N. E. R., Apriani, A., & Widayati, C. C. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penguasaan TIK. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ANDHARA), 1(2).

Yufita, Y., Sihotang, H., & Tambunan, W. (2021). Peningkatan Kompetensi Pedagogik melalui Pelatihan Teknologi Informasi Komunikasi dan Pendampingan Kepala Sekolah pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1283




DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v19i1.21532

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal  Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:

   

                 

Creative Commons License

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran  by  LPPM Universitas PGRI Semarang  is licensed under a  Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at  http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.