IMPLEMENTASI MODEL PENGELOLAAN KURIKULUM PENDIDIKAN KARAKTER INTEGRATIF DI UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan model pengelolaan
kurikulum pendidikan karakter integratif di Universitas PGRI Semarang. Penelitian ini
merupakan penelitian tahun kedua dari penelitian yang berjudul “Pengembangan Model
Pengelolaan Kurikulum Pendidikan Karakter Integratif di Universitas PGRI Semarang”.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari Kepala
Program Studi, Sekretaris Program Studi, Dosen, Mahasiswa dilingkungan FPIPSKR. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Teknik validitas data
menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan nvivo. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa implementasi model pengelolaan kurikulum pendidikan karakter
integratif di Universitas PGRI Semarang sudah dilakukan sesuai ketentuan tetapi hasilnya
belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah tidak semua pihak
mempunyai komitmen yang tinggi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter, baik
pihak program studi, dosen dan mahasiswa dan keterbatasan sarana prasarana pendukung
pendidikan karakter.
Kata Kunci: Implementasi, Model, Pengelolaan, Kurikulum, Pendidikan Karakter
Integratif
kurikulum pendidikan karakter integratif di Universitas PGRI Semarang. Penelitian ini
merupakan penelitian tahun kedua dari penelitian yang berjudul “Pengembangan Model
Pengelolaan Kurikulum Pendidikan Karakter Integratif di Universitas PGRI Semarang”.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari Kepala
Program Studi, Sekretaris Program Studi, Dosen, Mahasiswa dilingkungan FPIPSKR. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Teknik validitas data
menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan nvivo. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa implementasi model pengelolaan kurikulum pendidikan karakter
integratif di Universitas PGRI Semarang sudah dilakukan sesuai ketentuan tetapi hasilnya
belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah tidak semua pihak
mempunyai komitmen yang tinggi dalam mengimplementasikan pendidikan karakter, baik
pihak program studi, dosen dan mahasiswa dan keterbatasan sarana prasarana pendukung
pendidikan karakter.
Kata Kunci: Implementasi, Model, Pengelolaan, Kurikulum, Pendidikan Karakter
Integratif
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v11i1.2602
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:
Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.