MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIAMENGGUNAKAN MODEL INKUIRI PADA SISWA KELAS V SDN NO104/IX KEDEMANGAN

jamalia jamalia

Abstract


Banyaknya peserta didik yang belum mencapai KKM sebesar 78 merupakan kondisi yang melatar belakangi dilakukannya penelitian ini. Tujuan penelitian yaitu meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia menggunakan model inkuiri pada siswa kelas V SDN no 104/IX Kedemangan. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas dengan dua kali pertemuan di setiap siklusnya yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan penilaian tertulis berupa pedoman observasi keberhasilan aktivitas guru serta observasi keberhasilan aktivitas siswa. Teknik Analisis data menggunakan data primer berupa hasil tes ketuntasan belajar peserta didik yang dianalisis menggunakan tabulasi persentase dan data sekunder berupa hasil wawancara Bersama observer sebagai kolaborator. Sedangkan kriteria keberhasilan yaitu tercapainya ketuntasan belajar 100% secara individual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ketuntasan belajar siswa yang semula 27% pada pra siklus meningkat menjadi 73% pada siklus I dengan keberhasilan aktivitas guru sebesar 70% dan keberhasilan aktivitas siswa sebesar 65%, pada siklus II ketuntasan belajar siswa kembali meningkat dengan ketuntasan klasikal 100% tuntas dengan nilai tertinggi 85, nilai terendah 80, dan rata-rata skor 82,81. Berdasarkan temuan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 104/IX kedemangan.

 

Kata kunci: Hasil Belajar; Model Inkuiri; Bahasa Indonesia.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v11i2.3005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:

  

         

Creative Commons License

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.