PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS V SEMESTER II SD 1 UNDAAN KIDUL

Sutarno Sutarno

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji penerapan pendekatan contextual teaching and learning dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD 1 Undaan Kidul semester II Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V SD 1 Undaan Kidul. Hasil siklus I menunjukkan nilai rata-rata mencapai 71,25 ada peningkatan nilai rata-rata menulis puisi dari pratindakan ke siklus I sebesar 9,69 poin. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 80, mengalami peningkatan sebesar 8,75 poin dari siklus I dan 18,44 poin. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. 

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.26877/mpp.v11i2.3358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Jurnal Media Penelitian Pendidikan telah terindeks pada:

  

         

Creative Commons License

Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran by LPPM Universitas PGRI Semarang is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.upgris.ac.id/index.php/mediapenelitianpendidikan.